Bulu Mata Rontok

Kesalahan yang Dapat Membuat Bulu Mata Rontok

Punya bulu mata yang lebat dan lentik dipercaya sebagian kaum cewe dapat menambah rasa percaya diri. Namun, jika menggunakan produk yang kurang tepat, hasilnya malah hanya akan menimbulkan hal buruk untuk kamu. Salah dalam menggunakan eyelash curler merupakan salah satu contoh penyebab bulu mata rontok. Sebelum kondisi bulu mata rontok makin parah, ada baiknya kamu mencari tahu dulu apa saja yang menyebabkan hal itu terjadi. Dan, berikut adalah lima kebiasaan makeup yang mampu merusak bulu mata kamu.
 

Kebiasaan Makeup yang Membuat Bulu Mata Rontok

1. Menjepit Bulu Mata Setelah Memakai Maskara

Sebagian dari kamu pasti berpikir bahwa menjepit bulu mata setelah mengaplikasikan maskara adalah hal yang benar. Hal ini justru malah akan merusak bulu mata dan membuat bulu mata rontok. Tahukah kamu? Bulu mata yang sudah terlapisi cairan maskara akan rentan ‘patah’ jika dijepit saat cairan maskaranya sudah kering. Kekeliruan ini juga akan menyebabkan partikel-partikel pada maskara terpisah dan membuatnya tampak kaku. Buruknya lagi, maskara yang partikelnya terpecah akan menjadi butiran halus kemudian sangat mungkin masuk ke dalam mata dan membuatnya iritasi.
 

2. Pemakaian Lem Bulu Mata Palsu yang Kurang Tepat

Memiliki bulu mata yang tipis dan pendek bisa membuat kamu kurang percaya diri. Karena sudah lelah mencoba berbagai produk penyubur bulu mata, akhirnya kamu pun memutuskan untuk mengenakan false eyelashes setiap hari. Nah, jika cara pemakaiannya kurang hati-hati, bulu mata kamu akan rentan rontok lho! Hal ini disebabkan oleh penggunaan lem yang terlalu berlebihan. Satu lagi catatan penting, coba gunakan cotton bud yang telah dilumuri baby oil saat kamu mencopot bulu mata. Baby oil diyakini ampuh melemaskan lem perekat sehingga bulu mata pun lebih mudah dilepas.
 

3. Pakai Produk Pembersih yang Salah

Selektif dalam memilih eye makeup remover perlu dilakukan jika kamu menggunakan produk riasan mata dengan formula waterproof. Produk makeup remover berbasis air dan gel sebenarnya kurang pas untuk membersihkan maskara. Selain hasilnya tidak maksimal, makeup remover jenis ini juga berpotensi membuat mata perih. Hal yang sama pun bisa terjadi bila kamu menggunakan susu pembersih. Produk yang paling ideal untuk membersihkan riasan mata adalah produk yang kandungan dasarnya minyak. Cara pemakaiannya pun perlu diperhatikan. Usapkan kapas yang telah diteteskan eye makeup remover, kemudian tekan sedikit sambil diusap ke satu arah. Hindari menggosok kapas terlalu keras agar bulu mata tidak mudah rontok.
 

4. Pakai Maskara Waterproof Setiap Hari

Nahhhh ini dulu mimin begini nihhh… Pakai maskara tiap hari…. Padahal membersihkan sisa maskara dengan formula wateproof  lebih sulit ketimbang membersihkan maskara biasa meski menggunakan eye makeup remover berbasis minyak. Saat membersihkan maskara waterproof, kamu perlu mengusap kapas secara ekstra supaya maskaranya cepat hilang. Nah, tekanan dari usapan inilah yang akhirnya membuat bulu mata rontok. Parahnya lagi, terlalu keras menggosok juga menyebabkan kulit di sekitar mata lecet. Beberapa maskara juga memiliki formula yang cukup ‘keras’ sehingga bulu mata berisiko rontok. Maka dari itu, pemakaian maskara waterproof hanya pada saat-saat tertentu (saat ada pesta, misalnya) bisa menjadi salah satu cara mencegah kerontokan bulu mata.
 

5. Tidak Memerhatikan Kandungan Kosmetik

Memerhatikan kandungan kosmetik yang akan kamu beli sangat penting. Pasalnya, banyak produk kosmetik yang saat ini dijual secara asal tanpa melakukan uji coba secara klinis dan bahkan ada yang belum lolos BPOM. Sebelum membeli maskara, pastikan produk yang kamu pilih itu dilengkapi dengan formula hypoallergenic dan tentunya telah teruji secara dermatologis. Jika kamu gemar menggunakan bulu mata palsu, pilihlah bulu mata palsu yang terbuat dari bahan-bahan yang aman.