cairan softlens

Cairan Softlens dan Kegunaannya

Cairan Softlens dan Kegunaannya

facebook softlens tweet softlens

Hayo, menurut kalian cairan softlens itu sama semua atau berbeda-beda? Kalau kalian berpikir bahwa semua air pencuci softlens adalah sama maka kalian salah. Mimin dulu juga salah yah berarti :p

Cairan Softlens itu apa sih min?

Dulu, mimin berpikir bahwa semua cairan pembersih softlens itu sama aja loh. Tapi setelah mimin banyak membaca mimin akhirnya tau kalau ternyata berbeda. Nah, di artikel ini mimin akan bagikan apa yang mimin tahu tentang cairan pembersih softlens. Air softlens yang biasa kalian beli untuk membersihkan softlens, memang didesain untuk berbagai kegunaan. Misalnya membersihkan, membilas, menghilangkan kuman, dan juga untuk penyimpanan. Nah, tetapi ternyata enggak semua solutions dapat memiliki 4 kegunaan tadi yah. Setiap solution diformulasikan berbeda dan menyediakan kegunaan yang berbeda pula.

Nah, mimin akan menjelaskan empat tipe perawatan lensa yang akan dibahas di bawah ini:

4 Tipe Perawatan Softlens

1. Multi-purpose Contact Lens Solutions

Multi-purpose contact lens solutions atau yang disebut juga dengan air pencuci softlens berfungsi untuk membersihkan dan menghilangkan kuman untuk lensa. Beberapa multi-purpose solutions juga merekondisi lensa kontak, air pencuci ini-lah yang paling terkenal di Amerika Serikat.

 

2. Hydrogen Peroxide-Based Lens Care Systems

HPB contact lens care atau perawatan lensa kontak berbasis Hidrogen Peroksida memiliki satu atau dua tahap, tergantung dari produknya sendiri. Sistem HPB menggunakan Hidrogen Peroksida untuk membunuh kuman dan bakteri, untuk lebih mensterilkannya HBP membutuhkan tahap kedua permbersihan.

 

3. Saline Solutions

Saline solutions biasanya digunakan untuk membilas dan merendam lensa kontak ketika panas, untuk mendisinfeksi lensa.

 

4. Daily Cleaners

Nah, yang ini adalah Daily cleaner atau pembersih sehari-hari digunakan untuk membersihkan lensa kontak. Tetapi, fungsi utama daily cleaners bukan untuk benar-benar membasmi kuman ataupun bakteri. Untuk melakukan itu semua, daily cleaners harus menggunakan produk tambahan.

 

Jadi, gimana nih girls? Kalian jadi tambah ngerti kan kalau cairan softlens gunanya nggak cuma buat ngrendem dan bersihin softlens kamu doank :p