Eyeshadow Primer

Apa itu Eyeshadow Primer dan Fungsinya?

Girls, yuk lanjut ke make up mata, setelah kemarin mimin membahas perbedaan bb cream vs foundation.. Hihihi… Bagi para pemula, pasti kalian bingung apa itu eyeshadow primer dan fungsinya itu untuk apa sih? Di artikel kali ini, mimin akan membahas tentang eyeshadow primer dan fungsinya yah…

Ternyata, selain eyeshadow primer ada eyeshadow base.. Nah… Mimin jelaskan sekalian deh yah hari ini.. Simpelnya, perbedaan yang mendasar mengenai dua produk kosmetik ini sebagai berikut:

Eye primer ini memiliki fungsi yang sama seperti face primer, yaitu mempersiapkan mata untuk semua produk yang akan dipakainya nanti, menahan minyak alami sehingga sewaktu kalian mengaplikasikan eye shadow tidak menggumpal. Nah produk ini artinya dapat membuat tampilan eyeshadow tahan lebih lama, memperbaiki ketidakseimbangan warna kulit mata, membuat permukaan kulit lebih halus, membuat warna lebih mudah untuk dibaurkan, dan lain lain. Eye primer pun biasanya memiliki konsistensi atau tekstur yang sama seperti face primer, yaitu ringan, mudah menyerap, dan cukup creamy.

Sedangkan eye base memiliki fungsi yang hampir sama seperti foundation, yaitu sebagai kanvas sebelum kita mulai melukisnya. Adapula fungsi lain dari eye base adalah membuat warna eyeshadow lebih cerah dan membuat produk lain seperti shimmer atau glitter lebih menempel.

Eye base biasanya memiliki bentuk yang lebih padat/kental daripada eye primer, meskipun ada beberapa eye base yang tidak demikian. Banyak produk yang bisa dipakai untuk menjadi eye base, misalnya cream eyeshadow, gel liner, pencil liner, concealer, atau bahkan cream foundation.

Lalu bagaimana cara memakai produk tersebut? Yap, cara memakai kedua produk ini sama seperti makeup pada wajah, primer terlebih dahulu kemudian base. Kemudian kapan sebaiknya memakai kedua produk tersebut? Menurut mimin pribadi, eye primer adalah suatu keharusan karena fungsi-fungsi yang sudah mimin sebutkan diatas. Sedangkan eyeshadow base adalah pilihan, tergantung jenis eyeshadow yang akan dipakai dan mood saya terlihat seperti apa.

Hihihi …. gimana ? Sudah cukup clear kah dengan artikel ini? Semoga membantu kamu, girls!