Foundation vs BB Cream vs CC Cream

Perbedaan Foundation vs BB Cream vs CC Cream

Girls, setelah kemarin mimin membahas istilah make up, kalian juga pasti sudah tidak asing lagi dengan produk-produk kosmetik ini : Foundation vs BB Cream vs CC Cream hingga DD Cream. Tetapi apakah kamu masih merasa bingung dan tidak bisa membedakan manfaat serta kegunaan dari produk-produk tersebut ? Nah, sebelum kamu mencoba produk tersebut, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu manfaatnya sehingga ladies lebih mudah memilih yang sesuai kebutuhan. Yap hari ini mimin akan menjelaskan perbandingan foundation vs BB Cream vs CC Cream…
 

  1. Foundation

Foundation adalah alas bedak yang berbentuk cair atau ada juga yang berbentuk padat. Teksturnya yang kental dan pekat sehingga dia mampu menutupi kekurangan pada wajah dengan sangat baik. Foundation banyak digunakan untuk orang yang ingin tampil dengan tingkat make up yang tebal dan tahan lama, karena produk ini mampu membuat bedak menjadi lebih awet. Selain itu, foundation dapat melembabkan wajah yang kering dan meratakan warna kulit yang belang. Dengan berbagai jenis gradasi warna yang dapat digunakan untuk sehari-hari pada jenis kulit berbeda. Karena tingkat coverage-nya sangat tinggi, maka foundation cocok menjadi pilihan untuk Anda yang ingin pergi ke pesta atau acara formal.
 

  1. BB Cream (Blemish Balm / Beauty Balm Cream)

Konsep awal BB cream tercipta pada tahun 1950-an ketika seorang dermatologis asal Jerman bernama Dr. Christine Schrammek menciptakan salep untuk pasiennya setelah menjalani perawatan pengelupasan kulit wajah. Ternyata krim itu tidak hanya memperhalus dan melindungi kulit, namun juga menutup kemerahan pada wajah. Kemudian produk tersebut dijual dengan nama blemish balm atau BB cream.
BB cream memiliki tekstur lebih ringan dari foundation, namun lebih pekat dibandingkan pelembab berwarna. BB cream kadang mengandung SPF, namun bahan utamanya adalah antioksidan yang membantu melindungi kulit terhadap radikal bebas dan kerusakan dari polusi. Jadi, sangat cocok digunakan sehari-hari karena hasilnya sangat alami seperti tidak memakai apapun tapi mampu menutup kekurangan wajah dengan baik. Dengan kata lain fungsinya hampir sama seperti foundation tetapi formulanya lebih ringan.
 

  1. CC Cream (Color Correcting / Complexion Corrector)

Lalu, CC cream atau dikenal sebagai Color Correcting atau Complexion Corrector formulanya lebih ringan dibanding BB cream atau foundation. Sebagian besar CC cream memiliki tekstur krim lembut yang sangat ringan dan halus.
Konsep dibalik CC cream adalah menyamarkan perbedaan warna kulit pada wajah, kemerahan, dan hiperpigmentasi dengan menambahkan bahan lycopene untuk membantu mengurangi kemerahan dan memberikan nutrisi vitamin C agar wajah tampak bercahaya.
Jika Anda memiliki permasalahan wajah seperti warna kulit yang tidak rata, garis-garis halus, kerutan, atau kemerahan dan iritasi, CC cream dapat membantu & hasilnya bisa lebih efektif dibandingkan BB cream.
 

Masih Bingung Perbandingan Foundation vs BB Cream vs CC Cream?

Nah, jika kamu bingung untuk memilih memakai yang mana, mimin akan lebih dalam lagi menjelaskannya..

BB cream untuk konsumen dengan usia yang lebih muda, tidak membutuhkan koreksi warna untuk wajah, dan puas dengan pulasan tipis secara instan, serta manfaat SPF yang terkandung di dalamnya. BB cream tidak menutupi pori-pori atau memperburuk permasalahan yang ada pada kulit wajah, maupun tidak memperbaiki secara signifikan. Seorang konsultan kosmetika menyebutkan BB cream terkonsentrasi pada tujuan memperhalus.

Sementara CC cream membantu mengatasi berbagai masalah kulit wajah secara menyeluruh, seperti kemerahan atau pigmentasi, tapi tidak seberat alas bedak. Cocok untuk kulit orang yang lebih dewasa dengan kondisi yang semacam itu. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan CC cream adalah dengan menggunakannya sebagai lapisan pertama sebelum menggunakan foundation. Dengan ini, kamu dapat menampilkan warna kulit yang indah sekaligus memberikan manfaat anti-penuaan dan menjaga kelembapan.

Nah, sudah jelas kan artikel foundation vs BB cream vs CC cream kali ini?