Istilah Makeup Yang Perlu Kamu Ketahui

Istilah – Istilah Make Up yang Perlu Diketahui

Hai hai haii,, Setelah dari kemarin mimin bahasnya tentang beberapa pengetahuan tentang mata, hari ini mimin akan membahas istilah – istilah makeup sebelum lebih lanjut membahas jenis – jenis makeup dan tutorialnya… Hihihi…
Kalian pasti juga sering banget kan nonton tutorial makeup di Youtube, nah tapi sebenernya kalian ini paham ga apa yang mereka omongin ? Atau kalian malah bingung dengan istilah-istilah yang mereka katakan dalam menggunakan atau membicarakan makeup? Yuk langsung aja, supaya kamu ga curious lagi !
 

Istilah-Istilah Makeup

Ada beberapa istilah makeup diantaranya patchy, pigmented, glowy/dewy, greasy/oily, creasing, blend. Apa aja sih maksudnya? Simak yuk selengkapnya!
 

Pertama..

  1. Patchy

Patchy adalah istilah makeup yang menggambarkan pigmentasi yang tidak konsisten dalam suatu produk. Mimin ambil contoh yang gampang aja yaa misalnya lipstick. Kalian pasti pernah dong pake lipstick yang warnanya langsung keluar dan tebel jadi bener-bener ngecover warna bibir asli kalian? Contoh yang lagi happening banget adalah lipsticknya Kylie Jenner (top). Tapi ada juga beberapa lipstick yang warnanya gak begitu keluar dan gak ngecover seluruh bibir kita, jadi bikin bibir kita belang dan warnanya gak rata.. Nah itu yang dinamakan dengan “patchy”. Hal ini juga bisa terjadi pada Foundation, Blush, Bronzer, Contour, Highlighter dan juga Eyeshadow..

“Patchy” bisa terjadi karena produk itu sendiri ataupun kondisi kulit muka dan bibir kita yang terlalu kering. Kalo muka kalian kering banget lebih baik pakai pelembab dulu ya girls biar makeupnya lebih bagus setelah diaplikasikan.
 

Kedua..

  1. Pigmented

Pigmented ini adalah istilah makeup yang digunakan untuk menjelaskan bahwa suatu produk mengandung banyak pigmen warna yang menyebabkan warnanya sangat keluar saat di aplikasikan. Contohnya adalah Eyeshadow, kalian pasti mengharapkan warna yang kalian lihat di produk itu hasilnya akan sama kalau kalian aplikasikan. Tapi ada beberapa eyeshadow yang hasilnya akan lebih tipis dan warnanya gak keluar ini adalah contoh eyeshadow yang “kurang pigmented”. Namun, ada juga beberapa eyeshadow yang dengan hanya sekali ulas pake brush di aplikasikan pada kelopak mata memiliki warna yang sangat keluar dan tidak tipis, ini disebut “pigmented”.
Yap lagi – lagi gak cuma di eyeshadow, semua produk makeup seperti Blush, Bronzer, Highlighter, Mascara, Lipstick, Concealer, Brow Product juga menggunakan istilah ini. Semua makeup di harapkan “pigmented” karena memudahkan pengaplikasian. Tapi ada juga beberapa produk makeup yang sengaja dibuat tidak terlalu “pigmented” untuk memudahkan kita mengatur ketebelannya, salah satunya adalah produk alis.
 

Ketiga

  1. Glowy / Dewy

Apa lagi sih ini? Istilah ini biasa digunakan untuk Face Product seperti Foundation, Face Primer, dan juga Highlighter untuk menggambarkan hasil riasan yang membuat kulit kita terlihat cerah, natural dan juga sehat atau bisa juga disebut mengkilap. Karena pada dasarnya kulit sehat itu adalah kulit yang tidak terlihat kering namun terlihat cerah dan juga mengkilap.

Namun jangan salah loh “Dewy” dan “Oily” adalah hal yang sangat berbeda jauh. Riasan makeup dengan finish “Dewy/Glowy” itu membuat muka kita terlihat mengkilap beberapa area saja. Biasanya yang ditambahkan efek “Dewy/Glowy” adalah tulang pipi, tulang hidung, tulang alis, bagian atas bibir namun ada beberapa orang yang menambahkan efek ini pada dagu dan juga dahi tergantung selera kalian masing-masing aja. Untuk orang yang kulitnya berminyak akan menghindari riasan yang “Dewy/Glowy” karena akan membuat kulit mereka lebih terlihat berminyak.
 

Keempat..

  1. Greasy / Oily

Nah, kalo ini udah agak paham kan ya dari artinya… Oily ini adalah istilah yang menggambarkan kata “berminyak”. Sebenarnya kedua istilah tersebut memiliki arti yang sama, namun penggunaannya saja yang berbeda. “Greasy” biasanya digunakan untuk menggambarkan perasaan, misalnya “my foundation feels greasy”. Tapi ada juga yang menggunakan kata-kata ini untuk menggambarkan keadaan misalnya “my foundation looks greasy”.
 

Kelima..

  1. Creasing

Kemungkinan semua orang akan mengalaminya saat menggunakan makeup terutama concealer. Creasing itu keadaan dimana concealer kalian bergerak kebawah atau melting, biasanya creasing itu lebih cepat terjadi pada orang yang memiliki kulit berminyak karena sebab utama creasing adalah minyak. Hal ini menyebabkan concealer kita turun dan stuck di fine line kita dan membuat garis-garis di wajah kita sangat terlihat. Creasing gak cuma terjadi pada concealer, pada Foundation bahkan eyeshadow pun bisa terjadi. Tapi masalah ini bisa dicegah dengan menggunakan powder.
 

Terakhir..

  1. Blend

Blending adalah teknik yang sangat umum dalam menggunakan makeup, karena kita mau semua makeup kita terlihat blended. Jadi intinya istilah blend ini digunakan untuk membuat riasan makeup kita rata dan juga menyatu dengan kulit. Istilah blending sangat akrab dalam pengaplikasian eyeshadow, karena hasilnya akan lebih baik jika kita blend setiap transisi warna nya agar terlihat rapih dan juga bagus. Selain itu, pada foundation, concealer, bronzer, contour, blush, dan juga powder pun kita harus menggunakan teknik blending yang benar agar makeup kita menyatu dengan kulit. Gamau dong makeup kita terlihat menumpuk di satu tempat karena kita gak blend dengan baik?

Nah, istilah – istilah di atas merupakan istilah yang sering juga mimin dengar saat nonton tutorial di Youtube.. Gimana? Se enggaknya kalian udah sedikit ngerti donk?