Jenis Jerawat

Jenis Jerawat yang Perlu Kamu Ketahui

Jerawat, nggak akan ada habisnya kalau membahas problem wajah yang satu ini. Setuju kann? Kamu pun pasti pernah dibuat kesal dengan kemunculan jerawat di wajah kamu.. Selain berbagai faktor penyebab, seperti perubahan hormon, kurangnya asupan vitamin serta kurang menjaga kebersihan wajah, ada banyak hal tentang jerawat yang harus diketahui oleh kamu. Karena ada beberapa jenis jerawat yang berbeda, beda lohh cara penanganannya…
 

Lalu apa aja sih jenis jerawat yang perlu kamu ketahui?

  1. Whiteheads

Whiteheads biasa dikenal juga dengan istilah komedo tertutup atau komedo putih. Disebut komedo tertutup karena whiteheads terjadi di bawah permukaan kulit. Sesuai dengan namanya, jenis ini tampak seperti benjolan kecil dengan tampilan warna putih. Whiteheads sendiri terjadi karena tersumbatnya pori-pori wajah oleh sel kulit mati, kotoran, bakteri maupun minyak berlebih. Walau terlihat memiliki “isi” putih di dalamnya, jerawat jenis ini tidak bisa dikeluarkan isinya karena tidak memiliki “mata”.
 

  1. Blackheads

Blackheads dikenal sebagai komedo terbuka dengan tampilan bintik hitam, atau sering disebut juga dengan komedo hitam. Jenis ini terjadi karena tersumbatnya pori-pori wajah akibat minyak berlebih, sel kulit mati dan bakteri. Saat kotoran yang menyumbat di dalam pori-pori ini muncul ke atas permukaan kulit maka terjadi proses oksidasi sehingga timbul tampilan kulit berbintik hitam. Untuk mengatasi blackheads Anda bisa menggunakan produk dengan kandungan BHA seperti salicylic acid atau betaine salicylate yang mampu membersihkan kulit sampai ke dalam pori-pori.
 

Jenis Jerawat Lainnya…

  1. Papula

Papula ya girls… Bukan papila loh… hehehe… Papula merupakan fase lanjutan dari jerawat komedo yang sudah mengalami peradangan dan biasanya bisa dilihat dari benjolannya yang berwarna merah. Namun tidak ada tampilan puncak berwarna putih karena tipe ini tidak mengandung nanah. Papula terjadi saat jerawat jenis komedo tidak diobati hingga akhirnya dinding kelenjar yang terinfeksi meletus dan menyebabkan percampuran sebum dan bakteri yang menembus kulit sekitarnya. Hindari untuk memencet jerawat ini ya, karena selain tidak ada nanah, bisa jadi malah akan semakin meradang.
 

  1. Pustula

Jenis ini merupakan langganan yang memancing jari tangan untuk beraksi di kulit wajah. Pustula ini memiliki tampilan seperti benjolan yang serupa dengan papula, namun di bagian puncaknya terdapat titik putih yang berupa nanah. Biasanya, jenis ini akan terasa sakit jika disentuh. Pilihan terbaik untuk jenis ini adalah dengan menggunakan acne treatment atau mengunjungi dokter kulit jika merasa diperlukan. Penting untuk mengobatinya dengan segera karena jika dibiarkan akan menyebar dan membuat peradangan lebih luas.
 

  1. Nodula

Jika kamu memiliki jerawat berukuran besar, memerah, yang terus bertahan sampai berbulan-bulan, bisa jadi kamu memiliki nodula.  Kondisi ini terjadi saat terjadi peradangan yang tidak hanya terjadi di atas permukaan tapi juga di bawah permukaan kulit. Cara penanganan paling baik adalah berkonsultasi kepada dokter kulit yang memang ahlinya karena nodula membutuhkan perawatan intensif untuk menghindari peradangan yang lebih parah.

Nah, jika wajah kamu berjerawat, pastikan dulu yah jerawat mana yang ada di muka kamu.. Sehingga kamu ngga salah dalam menanganinya !