Kadar Air Softlens

Apa yang Dimaksud dengan Kadar Air Pada Softlens?

Setelah sekiaaannn banyaaakkk artikel yang mimin share, mimin mau tanya dulu nih ke kalian,, Sebenernya, kalian tau ngga apa yang dimaksud dengan kadar air softlens? Hari ini, di akhir bulan April mimin akan menjelaskan pengertian kadar air yang ada pada softlens.

Pembuatan Softlens

Pembahasan awal ini mimin mulai dari pembuatan softlens dulu yah supaya kalian lebih mengerti. Softlens pada umumnya terbuat dari material hidrofilik yang lembut atau plastik yang disebut hidrogel. Bahan hidrogel ini menyerap sejumlah besar air dari sekitarnya untuk menjaga lensa agar tetap lunak dan lentur. Ukuran daya resap dari bahan hidrogel tersebut sering dikenal sebagai Kadar Air.
Softlens sendiri dibuat selentur mungkin agar nyaman ketika dipakai, untuk itulah digunakan hidrogel sebagai bahan dasar pembuat softlens. Karena sampai saat ini bahan hidrogel merupakan yang paling ideal untuk pembuatan softlens. 

Standar Kadar Air Yang Baik

Nah untuk standar kadar air bahan hidrogel yang baik untuk pembuatan softlens agar nyaman dipakai di mata berkisar antara 38% sampai 75% dari berat keseluruhan softlens. Berdasarkan kadar air-nya, umumnya hidrogel tersedia dalam kategori :

  • Rendah (kurang dari 40% air yang diserap)

  • Menengah (50 – 60% persen air yang diserap)

  • Tinggi (lebih dari 60%)

Dengan demikian kita dapat mengatakan bahwa Kadar Air yang tertera pada softlens yang kita pakai itu adalah ukuran kemampuan softlens tersebut dalam menyerap air yang ada di sekitarnya. Sehingga makin tinggi kadar airnya, makin tinggi pula kemampuan penyerapannya.

Kandungan Air dan Ketebalan Lensa

Berbagai merk softlens yang ada saat ini memiliki kandungan air dan ketebalan lensa yang berbeda – beda. Umumnya hidrogel yang memiliki kadar air rendah lebih tipis dari softlens yang memiliki kadar air tinggi.

Kadar air softlens menyediakan pori-pori oksigen untuk melewati lensa dan memberi asupan oksigen ke kornea mata selama pemakaian. Jika kita pakai, pori-pori softlens akan menyerap air mata kita untuk menjaga kelenturannya. Jumlah air mata yang diserap bergantung dari ukuran dan banyaknya pori-pori softlens tersebut. Ukuran pori-pori ini berkaitan dengan informasi kadar airnya. Semakin tinggi kadar airnya, semakin besar pula pori-pori penyerapannya.

Kenapa Kadar Air Softlens Berbeda-Beda?

Softlens dibuat dengan kadar air yang berbeda-beda karena menimbang kondisi mata setiap orang pun juga berbeda-beda. Ada yang cenderung memiliki air mata berlebih, ada yang normal, dan ada pula yang cenderung kurang. Selama kadar air softlens dalam batasan tertentu yang sudah mimin sebutkan di atas, softlens tetap aman digunakan. Kadar air dalam range tersebut sudah disetuju oleh KEMKES RI.

Apakah kalian sudah mengerti sekarang dengan Kadar Air Softlens?