makeup palsu

Makeup Palsu

Bahaya Make Up Palsu

facebook softlens tweet softlens

Girls, makeup merupakan hal yang sangat digemari kaum kita yaaa…. Banyak banget sekarang beauty vlogger atau blogger yang senang bereksperimen dengan makeup menggunakan berbagai macam produk. Mulai dari foundation, blush, bronzer, lipstik, dan masih banyak lagi. Sayangnya, melihat peluang bisnis yang besar dalam dunia makeup, banyak oknum tidak bertanggung jawab membuat dan menjual makeup palsu dengan harga yang jauh lebih murah dari produk aslinya. Banyak banget kannn kalo di instagram online shop yang jual dengan harga yang super duper miring.. Misalnya harga aslinya berjuta juta, atau beratus ratus ribu, disana Cuma jual 50ribu… Nahhh… Sebenarnyaaaa makeup palsu boleh untuk dipakai ngga sih?
 

Bahaya Makeup Palsu

Jika digunakan pada kulit wajah, beberapa kandungan pada makeup palsu bisa mendatangkan efek yang berbahaya loh. Salah satu kandungan yang perlu dihindari adalah merkuri. Kandungan ini bisa menyerap ke dalam pori-pori dan menimbulkan jerawat, gatal, dan jika parah akan menyebabkan mual, pusing, juga gangguan penglihatan.

Ada juga Rhodamin B bahan berbahaya . Rhodamin B biasanya dipakai untuk pewarna tekstil, tinta, dan kertas. Bahan ini sering dipakai untuk membuat lipstik palsu. Lipstik yang kita pakai akan otomatis terserap dan ada yang tertelan. Bahan ini sangat berbahaya jika masuk ke dalam organ tubuh kita. Efeknya akan membuat bibir bengkak, kanker, juga penyakit liver.

Asam retinoat juga merupakan bahan yang sangat berbahaya. Efek jangka pendeknya akan membuat kulit kita terbakar dan iritasi. Bahan ini juga sangat berbahaya bagi ibu hamil, karena akan membahayakan janin dan menyebabkan cacat permanen. Duhh!!!
 

Tips Menghindari Makeup Palsu

  1. Seperti yang tadi mimin bilang… Jangan tergiur dengan harga murah. Kebanyakan makeup palsu dijual dengan harga kurang dari setengah harga asli. Kalau lihat Urban Decay Naked Palette yang kisarannya dijual Rp750.000 namun ada yang menawarkan seharga Rp100.000 – Rp200.000, bisa dipastikan produk itu palsu.
  2. Jangan membeli makeup di tempat yang tidak meyakinkan. Lebih baik beli di beauty e-commerce dan online shop yang terpercaya, atau counter asli dari brand tersebut.
  3. Pastikan produk tersebut memiliki BPOM. (cek di http://cekbpom.pom.go.id/)
  4. Teliti bahan dasar makeup sebelum membeli. Pastikan tidak mempunyai bahan berbahaya yang sudah disebut di atas.

Nah, girls.. Udah tau kan kalo make up palsu ternyata berbahaya banget.. Ayo lebih hati-hati jika ingin membeli makeup, jangan sampai tergiur dengan harga yang murah tapi malah mendatangkan banyak masalah untuk kulit.