makeup untuk berenang

Makeup untuk Berenang di Pantai

Pakai Makeup untuk Berenang di Pantai?

Bulan Juli adalah bulan di tengah tahun yang cukup identik dengan liburan. Ya kannnn… Mimin maklum deh, kalau ada dari kamu yang ngerasa udara sedang panas-panasnya, rasanya ingin kabur ke pantai dan main air. Nah, bagi kamu yang berencana getaway ke pantai untuk berenang cantik, jangan lupa bawa peralatan ‘tempur’ yang sesuai ya, mulai dari tabir surya dan produk-produk makeup dengan formula waterproof. Eh, tunggu dulu. Sebenarnya pakai makeup untuk berenang bagus tidak ya? Atau, malah tidak dianjurkan? Hmm, coba simak plus-minus di artikel ini dehh jika kamu memutuskan menggunakan makeup untuk berenang.
 

Plus-Minus Makeup Untuk Berenang

1. Formula yang Tak Bagus Bisa Membuat Makeup Luntur

Tak hanya berenang, bahkan hanya terpercik air saja beberapa produk makeup seperti maskara atau eyeliner, bisa luntur. Kalau kamu ga membawa produk makeup yang tepat, lupakan saja menggunakan makeup untuk berenang. Gunakan saja tabir surya dan lip balm dengan SPF. Namun, lain halnya jika kamu hanya ke pantai untuk main pasir atau main air (tanpa nyemplung loh yaaa), makeup akan aman tanpa ada risiko meleleh dan membuat wajah kamu belang-belang.
 

2. Makeup Bisa Menyumbat Pori

Hmmm.. Meski tampaknya bermain air membuat kulit kamu lembab, namun ada bahaya yang kayaknya kamu lupakan deh. Setelah bermain air di pantai, kebanyakan orang akan leyeh-leyeh dulu di pinggir pantai. Entah itu untuk berjemur atau untuk minum-minum sambil menatap ombak. Suhu yang panas dan lembap bisa mengundang keringat namun terhalang oleh makeup kamu, apalagi yang formulanya waterproof. Air asin dan kotoran pun menempel dan bisa menyumbat pori. Nah loooo..
 

3. Foundation Menjadi Kanvas Tepat Untuk Kuman, Bakteri, dan Kotoran

Duhhh! Sama halnya dengan berenang di kolam renang, foundation adalah wadah sempurna untuk segala hal yang ada di air. Jika di kolam renang yang ‘gemar’ menempel di kulit adalah klorin, maka di laut gantian air asin dan berbagai bakteri, kuman, serta kotoran. Air asin memang bisa membuat kulit kamu menjadi kering dan kulit bibir menjadi yang pertama kali terlihat. Memakai makeup atau tidak, segera bilaslah tubuh kamu dengan air bersih segera setelah selesai berenang di pantai untuk menyingkirkan air asin dan segala kotoran ini.
 

4. Foundation Bisa Jadi Pelindung Kulit

Meski begitu, menggunakan makeup untuk berenang ke pantai punya manfaat juga. Jika di poin 3, foundation bisa menjadi wadah bagi air asin dan berbagai kuman, hal ini juga berlaku ganda. Karena terhalang makeup, terutama jika formula waterproof-nya bagus banget, air asin dan kotoran tersebut tidak sampai bersentuhan dengan kulit.
 

5. Kulit Lebih Lembab

Jika sebelum menggunakan makeup, kamu menggunakan pelembab dan tabir surya, maka bersyukurlah karena setidaknya kulit kamu cukup terlindungi. Berlama-lama di bawah teriknya sinar matahari bisa membuat kulit kamu kering dan cenderung dehidrasi. Kondisi ini juga bisa mengundang jerawat hingga kulit yang mengelupas parah. Makeup akan menahan efek langsung sinar matahari dan menjaga pelembap tetap bertahan di kulit. Bayangkan jika kulit kamu polos tanpa perlindungan apa pun. Hiiii~
 

6. Berguna Untuk Selfie Sempurna

Nah, yang satu ini pasti kamu bangettttt. Momen liburan yang seru dan pemandangan yang sangat cantik rasanya sayang banget yahhh kalau kita ngga selfie… Apalagi jika kamu membawa kamera tahan air untuk merekam kegiatan kamu berenang di dalam air. selfie pun jadi lebih sempurna! Namun ingat, pilih makeup yang punya formula waterproof yang bagus ya!