Mata Kedutan

Penyebab Mata Kedutan dan Cara Meredakannya

Duh, duh mata mimin kedutan terus nihhh… Apa yah artinya? Konon katanya, kalau mata kiri kedutan artinya akan dapat rezeki nomplok, atau bahkan ada yang seseorang yang kangen sama kamu. Bila mata kanan bawah yang berkedut, tandanya kamu akan menangis. Benarkah?

Nah kedutan (myokymia) itu adalah gerakan berkedip atau kejang pada saraf kelopak mata atas atau bawah yang berulang dan tidak terkendali, tetapi hanya mempengaruhi satu mata di satu waktu. Kedutan biasanya tidak akan menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya, tapi bisa jadi sangat mengganggu jika kedutan yang dialami ternyata cukup kuat hingga menyebabkan kelopak mata sampai benar-benar menutup dan membuka kembali. Apa aja penyebab kedutan?

·         kecapekan

·         stres

·         konsumsi kafein

·         konsumsi alkohol

·         sensitivitas terhadap cahaya (pencahayaan terlalu terang atau terlalu buruk)

·         iritasi mata atau pada bagian dalam kelopak

·         merokok

·         angin

·         alergi

·         kurang asupan nutrisi

Walaupun sangat jarang, mata berkedut juga bisa jadi salah satu pertanda dari sejumlah kondisi neurologis (yang jika terjadi selalu diikuti oleh tanda dan gejala lainnya), seperti:

·         Bell’s palsy

·         Cervical dystonia

·         Dystonia

·         Multiple sclerosis

·         Oromandibular dystonia dan facial dystonia

·         Sindrome Tourette

Mata berkedut juga bisa menjadi efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu, terutama obat-obatan epilepsi dan psikosis. Namun, jika kamu hanya mengalami mata kedutan di satu sisi, tanpa adanya gejala lain yang mengikuti, kamu tidak perlu khawatir. Mata kedutan akan hilang sendiri dalam waktu singkat, namun bisa kambuh dalam beberapa jam, hari, atau di lain waktu. Kabar baiknya, kedutan adalah kondisi yang umum terjadi dan bukan merupakan gejala dari suatu penyakit serius kok.

Lalu, bagaimana tips untuk meredakan kedutan?

1.    Kompres mata. Kamu dapat mengompres mata kamu setiap malam menjelang tidur, tempelkan kompres air hangat pada mata yang berkedut. Jika kedutan masih berlangsung, coba untuk gonta-ganti kompres air hangat dengan air dingin setiap 10 menit sekali.

 

2.    Akupuntur/pijat. Saat berkunjung ke tempat praktik akupuntur, beri tahukan pemijat tentang keluhan mata kedutan kamu. Cara lainnya jika kamu takut pada jarum akupuntur, kamu bisa lakukan pijatan sendiri di rumah. Cukup tekan dengan jari di area alis dan pijat lembut dengan gerakan memutar selama beberapa menit untuk melemaskan otot-otot mata. Lalu, perlahan bergerak ke sisi luar mata, area bawah mata, dan bagian dalam mata.

 

3.  Kurangi alkohol dan kafein. Selain kopi dan teh, kurangi juga minuman energi dan obat penghilang nyeri. Alternatifnya, kamu  bisa teguh air tonik, alias air kelapa. Air kelapa diklaim bisa melemaskan otot akibat kandungan quinine di dalamnya.

 

4.   Tidur lebih awal. Jika kedutan disebabkan oleh kurang tidur, coba untuk tidur 10-15 menit lebih awal dari jadwal tidur normal kamu. Bergadang bisa memberatkan kerja kelopak mata.

 

5.   Sauna wajah. Tidak hanya akan menenangkan dan menghidrasi wajah, uap panas akan membuka dan membersihkan pori. Caranya, tuangkan air panas dalam sebuah mangkuk, tutup kepala kamu dengan handuk dan biarkan uap menghangatkan wajah kamu. Coba juga tambahkan minyak esensial, seperti kayu putih, lavender, atau mawar yang juga efektif untuk meredakan alergi atau mata kering.

 

 Nah, sekarang paham bukan apa yang dimaksud dengan mata kedutan dan bagaimana cara meredakannya?