Mata Menangis, Penyebab Mata Bengkak

mata menangis

Hei hei heiii,, Siapa yang lagi sedih nih? Mata menangis bisa bikin bengkak lho setelahnya. Pasti malu banget kalo malemnya nangis, pas bangun besok matanya jadi bengkak… Oh NO banget kan ya rasanya? Hihihihi… Tapi, kalian tahu ngga sih, girls penyebab mata menjadi bengkak setelah menangis? Dan gimana sih cara mengatasinya? Yuk langsung simak artikel mimin hari ini…

Penyebab Mata Bengkak Setelah Menangis

Penyebab pertama dikarenakan saat kamu menangis, terjadi proses peningkatan aliran darah di area wajah kamu yang dapat memicu terjadinya pembengkakan di kulit bawah mata. Ketika perasaan sedih atau emosional lainnya dipicu, maka saraf akan mengirimkan sinyal-sinyal ke otak yang kemudian dilanjutkan ke lacrimal (sejenis kelenjar yang berfungsi menghasilkan air mata loh).

Lalu penyebab yang kedua dikarenakan oleh cairan air mata yang mengandung garam dapat menyebabkan mata menjadi merah dan pembuluh darah di bawah kulit mata yang tipis jadi makin besar. Kondisi inilah yang membuat mata bengkak setelah menangis.

Cara Mengatasi Bengkak Setelah Mata Menangis

Tetes Mata

Cobalah untuk meneteskan beberapa obat tetes mata karena obat tetes dapat mengatasi kemerahan dan mengurangi radang pembuluh darah di mata.

 

Gunakan Bahan Alami

Jika kamu tak punya es batu, kamu dapat menggunakan mentimun, kentang, atau kantong teh. Mentimun mempunyai kandungan air yang tinggi hampir 90 persen, sedangkan kentang atau mengompres dengan kantong teh mengandung kafein yang bisa membantu menyempitkan pembuluh darah. Saat mengompres sebaiknya posisi tubuh berbaring atau duduk dengan kepala lebih tinggi, biarkan kompres mata selama 10 menit.

 

Perbanyaklah Minum Air Putih

Mengonsumsi banyak air untuk mencegah dehidrasi. Menjaga tubuh tetap hidrasi adalah salah satu cara untuk mengurangi mata bengkak, serta air membantu mengalirkan penumpukan cairan yang ada di bawah mata.

 

Kompres Dingin

Kamu dapat memberikan kompres dingin pada mata, misalnya dengan menggunakan handuk yang sudah direndam air dingin atau dengan es batu yang diletakkan dalam plastik. Kompres dingin tidak hanya untuk mengurangi bengkak tapi juga membantu mengurangi mati rasa, rasa nyeri dan sakit.

 

Hindari Makanan Asin

Hindari makanan asin yah setelah kamu menangis, karena makanan asin biasanya mengandung natrium dan kelebihan natrium dapat meningkatkan retensi air yang menyebabkan mata menjadi lebih bengkak.

 

Gunakan Krim Anti Peradangan

Jika tidak juga berkurang juga, gunakan krim anti peradangan atau krim yang mengandung kafein untuk mengecilkan pembuluh darah di bawah mata sehingga pembengkakan berkurang. Oleskan dengan menggunakan jari manis secara lembut di kulit bawah mata.

Yap, cukup dengan 6 steps ini kalian dapat mengatasi mata bengkak setelah menangis! Cup Cup cuppp… Semoga berhasil, girls… Xoxo

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×