Mata Silinder

mata silinder

Hai hai haiii…. Sering kali selain mata minus ternyata mata kita juga bisa menderita silinder. Tahukah kamu apa itu mata silinder? Mata silinder adalah kondisi mata yang mengalami penglihatan kabur dan berbayang karena bentuk kornea atau lensa mata tidak cembung sempurna.

Nah, biasanya tanda dan gejala paling umum yang dirasakan penderita adalah penglihatan kabur atau berbayang. Mereka menjadi sering memicingkan mata ketika melihat jauh maupun dekat. Selain itu, biasanya mengeluh kesulitan membaca tulisan yang kecil. Sakit kepala, mata tegang, dan lelah setelah membaca atau memakai komputer adalah beberapa keluhan yang mungkin muncul jika kondisi ini tidak diobati. Pada gangguan mata silinder yang ringan, gangguan penglihatan mungkin tidak terjadi secara signifikan.
 

Lalu, mengapa mata silinder bisa terjadi?

Mata kita memiliki beberapa komponen kunci agar bisa melihat dengan baik. Salah satunya adalah sistem optik mata yang terdiri dari kornea dan lensa. Keduanya bahu-membahu untuk membuat cahaya masuk terfokus membentuk gambar yang sempurna di retina.

Pada penderita, kornea mengalami ketidaksempurnaan bentuk. Kornea seharusnya memiliki bentuk cembungan yang sempurna, menyerupai lengkungan pada bola. Pada mata penderita, cembungan bola mata menyerupai bola rugbi. Ketidak sempurnaan cembungan pada lensa juga bisa menyebabkan mata silinder. Ketika cembungan yang terbentuk tidak sempurna alias tidak rata, maka mata silinder otomatis akan diderita. Sebab, cahaya yang masuk dari kornea tidak difokuskan pada satu titik di retina sehingga membuat penglihatan kabur.

Selain kecacatan bentuk yang biasanya sudah didapat sejak lahir, beberapa kondisi berikut bisa menyebabkan mata silinder.

  1. Infeksi yang mengakibatkan jaringan parut pada kornea.
  2. Melakukan operasi mata yang menyebabkan adanya perubahan kornea.
  3. Terjadi pembengkakan, penipisan, atau perubahan pada kornea.
  4. Kondisi yang memengaruhi kelopak mata sehingga membuat kornea terganggu.

 

Dan ini yang kita tunggu, bagaimana sih cara mengobati silinder?

Memakai kacamata

Dengan menggunakan lensa yang didesain khusus, kacamata adalah cara paling mudah untuk mengoreksi penglihatan kabur atau berbayang akibat mata silinder.
 

Menggunakan lensa kontak

Prinsip lensa kontak sebenarnya sama dengan kacamata. Pemilihan yang tepat antara kacamata atau lensa kontak sangat tergantung pada selera penderita. Agar tidak salah pilih, pastikan berkonsultasi dengan dokter mata.
 

Operasi LASIK

Melalui prosedur ini, bentuk kornea diubah dengan laser. Awalnya lapisan permukaan kornea dibuka (flap) menggunakan alat khusus yang disebut keratom. Selanjutnya laser digunakan untuk mengubah bentuk lapisan kornea di bawah lapisan yang dibuka tadi. Flap kemudian ditutup kembali. Kamu bisa simak selengkapnya di sini
 

Operasi LASEK

Prosedur ini hampir sama dengan LASIK, namun flap dibuat lebih tipis, hanya setebal lapisan epitel.
 

Photorefractive keratectomy (PRK)

Melalui prosedur PRK ini, lapisan epitel dihilangkan tanpa membuat flap. Setelah operasi LASIK dan LASEK ditemukan, maka prosedur ini jarang digunakan.
Kamu bisa simak perbedaan operasi lasik, lasek, PRK di sini >

Nah, apakah kamu sudah paham sekarang tentang mata silinder dan cara mengobatinya?

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×