Mata Pedas Saat Bangun Tidur

mata pedas saat bangun

Mata Pedas Saat Bangun Tidur?

Hallo!! Readers setia Japan Softlens! Hari ini mimin bakal bahas apalagi sih? Ya! Kembali lagi dengan topik mata pedas.. Eits, tapi kali ini mata pedas saat bangun tidur… Tau ngga sih kalian apa aja yang jadi penyebab mata terasa pedas saat bangun tidur? Dan kok bisa sih mata terasa pedas? Kan padahal habis tidur? Yukkkk langsung aja baca artikel mimin hari ini..

Ya, bangun pagi seharusnya menjadi rutinitas yang menyegarkan bagi tubuh dan pikiran kita. Tapi bagi sebagian orang terkadang matanya terasa seperti terbakar ketika dibuka saat bangun pagi.

Bahkan ada juga merasa seperti ada pasir di dalam kelopak mata tapi kamu tidak mengalaminya setiap hari. Mata kamu tiba-tiba terasa nyeri. Jika kamu kembali tidur, nyerinya akan berkurang. Sebenarnya apa yang terjadi dengan mata kamu?

Menurut dua pakar medis, pada dasarnya yang kamu alami adalah kekeringan mata. Tapi mengapa kurang tidur bisa membuat mata mengering? Apa kaitan diantara keduanya? Ada dua teori yang dianggap mampu menjelaskan fenomena tersebut.

Teori Pertama Tentang Penyebab Mata Pedas Saat Bangun Tidur

Pertama, hal ini bisa disebabkan oleh kelenjar air mata yang berfungsi untuk membasahi permukaan mata agar tetap lembab, berkilau dan sehat. Kelenjar ini juga terhubung ke otak lewat semacam sirkuit neurologis. Cara kerja kelenjar ini ada kaitannya dengan cukup tidaknya jumlah jam tidur seseorang. Mungkin kelenjar air mata berhenti mengeluarkan air mata jika kamu kurang tidur. Nahhhh bagi yang suka lembur, bergadang dan harus bangun pagi, harus mulai diperhatikan jam tidurnya. Kondisi ini juga melibatkan sirkuit yang sama: sinyal bahwa kamu membutuhkan jam tidur lebih banyak. Ketika kelenjar memberikan sinyal itu maka mata ‘terpaksa’ beristirahat. Pasalnya penderita biasanya takkan tahan dengan sensasi terbakar dan menyengat di matanya sehingga mereka pun memilih tidur lagi. Penderita juga tak bisa mengatasi gangguan itu selain dengan tidur.
 

Teori Kedua

Penyebab kedua adalah otot mata yang pedih dan kelelahan membuat mata terasa panas di pagi hari. Penggunaan mata secara berlebihan juga akan membuat mata kamu menegang dan membuat kamu jadi tak berkedip sesering biasanya, terutama jika kamu sering terfokus pada layar komputer. Padahal berkedip membuat mata mampu membasahi dirinya sendiri secara alami.
Dengan kata lain, mengurangi kedipan mata di malam hari berarti mata akan mengering ketika ditutup malam itu dan bisa jadi keduanya akan tetap kering ketika alarm berbunyi dan kelopak mata sudah waktunya terbuka di pagi hari.
Cukup singkat dan jelas bukan artikel mimin hari ini? Yuk mulai atur jadwal tidur yang cukup, dan mulai memanjakan mata kita agar tetap sehat!

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×