mata merah

Mata Merah, Gimana Mengatasinya?

Mengatasi Mata Merah Karena Softlens

facebook softlens tweet softlens

Pernah ga sih kalian ngrasain mata merah ga enak banget yaa rasanya? Saat mata kamu merah pasti mengganggu aktivitas kamu kan, atau bahkan kamu bisa kehilangan rasa percaya diri kamu lho. Parahnya lagiii, kamu bisa menjadi bete seharian karena ga pede mau ngapa – ngapain ya kann? Nah, karena di artikel kemarin mimin sudah membahas penyebab mata menjadi merah karena iritasi, hari ini, mimin akan membahas cara mengatasi mata merah menurut ahlinya yaitu American Optometric Association (AOA).

Langkah pertama untuk mengatasi mata merah

yaitu jika kamu memang sudah terlanjur memakai softlens, sebaiknya simpan terlebih dahulu softlens kamu sampai mata kamu sembuh. Jika kamu tetap menggunakan softlens ketika mata kamu merah atau iritasi, maka dapat menimbulkan masalah serius pada mata seperti timbulnya ulkus atau mata bernanah dan infeksi yang dapat menjalar pada seluruh kornea mata sehingga dapat berakibat kerusakan pada kornea mata.

Langkah kedua

ketika kamu mengenakan softlens mata terasa gatal namun belum terjadi pembengkakan ataupun radang, hanya gatal dan agak memerah, kamu bisa tetesi mata segera dengan obat tetes mata khusus pengguna softlens. Jangan menggunakan obat tetes mata biasa karena akan merusak softlens.

Langkah ketiga

jika mata kamu tetap merah, segera konsultasi dokter / ahli mata untuk mencari informasi dan mendapatkan lensa yang sesuai untuk mata kamu dan layak pakai.

Langkah keempat

teliti lagi softlens yang hendak kamu beli, seperti tanggal kadaluarsa softlens, kandungan air softlens.

Langkah kelima

bersihkan softlens kamu secara teratur setelah dipakai. Lagi – lagi mimin akan mengingatkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun terlebih dahulu sebelum melepas softlens. Cucilah softlens kamu dengan softlens solution dan rendamlah dengan softlens solution yang baru di lenscase kamu.

Langkah keenam

gantilah tempat  softlens kamu setidaknya 3 bulan sekali. Dan pastikan tempat penyimpanan kamu bebas dari debu yahhh..

Langkah ketujuh

patuhi jadwal penggantian softlens kamu.

Yap, sedikit tips untuk mencegah atau mengobati mata merah dari mimin. Jika kamu rajin membersihkan softlens, kemungkinan terjadi iritasi mata sangatlah kecil. Ga gampang kan ternyata memakai softlens.