Mata Juling / Strabismus

Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi Mata Juling

Pernahkah kalian melihat orang yang memiliki bola mata yang saling berbeda?? Yaaapps, itu namanya dia mengalami yang namanya mata juling, memiliki istilah kedokteran strabismus. Stabismus yaitu suatu keadaan dimana terjadi penyimpangan yang abnormal dari letak satu mata terhadap mata lainnya, sehingga garis penglihatan tidak paralel dan pada waktu yang sama akan melihat ke arah yang berbeda. Dengan demikian maka kedua mata tidak tertuju pada benda yang sama. Salah satu atau kedua mata ada yang melihat ke medial (arah dalam atau hidung), ke lateral (arah luar atau pelipis), ke atas ataupun ke bawah. 
 

Penyebab Mata Juling :

  1. Faktor Bawaan

Biasa disebut sebagai faktor congenital. Semenjak lahir, bayi bisa mengalami kelainan ini atau bisa juga selama usia 6 bulan hingga dengan 2,5 tahun.

  1. Faktor Keturunan

Bila dari pihak keluarga ada yang memiliki riwayat kelainan ini, kemungkinan besar Andapun pasti bisa mengalami hal yang sama.

  1. Down Syndrome

Menjadi salah satu kondisi kesehatan yang dicurigai dapat menyebabkan seseorang lebih mudah menderita kelainan ini.
 

Cara Mengatasi Mata Juling : 

Ada beberapa langkah yang umumnya direkomendasikan untuk mengatasi mata juling yaitu :

1. Penggunaan kaca

Langkah ini dapat dilakukan pada mata juling yang tergolong ringan.
 

2. Penutup mata sementara.

Ditempelkan pada mata yang lebih kuat untuk merangsang mata yang lebih lemah. Penutup mata ini digunakan selama beberapa minggu hingga beberapa bulan dengan harapan dapat membuat mata bergerak ke arah dan kecepatan yang sama.
 

3. Operasi otot mata.

Kemungkinan operasi mata juling dapat dilakukan lebih dari satu kali.
 

4. Obat tetes mata.

Diperlukan untuk membantu memperbaiki pandangan yang kabur.
 

5. Olahraga mata.

Olahraga mata dapat membuat mata lebih rileks dan sehat. Oleh karena itu, rajin-rajinlah olahraga mata. Meskipun terlihat sepele, tapi olahraga penting akan memberi dampak positif untuk mata kamu loh 😉 Luangkan sedikit waktumu untuk melakukan ini secara konsisten yah!

Nah, sudah jelas kan guys?? Semoga penjelasan mimin bisa bermanfaat yaa 🙂