skin care

Skin Care – Hentikan Penggunaanya

Gejala Tidak Cocok dengan Produk Skin Care

Hai, Girls… Sekarang banyak banget yah review menarik tentang produk skin care seringkali membuat kita tergiur buat mencoba. Bahkan, beberapa dari kita kerap mengabaikan harga dan ingredients dari produk skin care tersebut karena benar-benar sudah terlanjur tertarik dengan iming-iming yang dibaca. Padahal, tidak semua bahan baku dari produk skin care cocok dengan jenis kulit, lho. Apalagi, jika kamu memiliki jenis kulit sensitif, pasti harus lebih teliti lagi, kan?

Skincare products

Kita perlu mengawali dengan tahu jenis dan kebutuhan kulit, serta memperkaya pengetahuan dengan rajin mencari tahu tentang bahan-bahan yang cocok maupun tidak untuk kulit. Nah, jika kamu gak mau masalah kulit makin bertambah, lebih baik hentikan pemakaian produk skin care yang kamu gunakan jika tanda-tanda berikut mulai muncul.

Tanda-Tanda Skin Care Tidak Cocok

1. Kulit terasa gatal

skin care

Rasa gatal merupakan salah satu reaksi yang muncul jika kulit kamu tidak cocok dengan suatu produk. Biasanya, kulit yang terasa gatal disebabkan oleh sensitivitas formula skin care, misalnya saja fragrance. Kalau sudah begitu, lebih baik pemakaiannya dihentikan terlebih dahulu agar tidak menimbulkan masalah kulit lainnya. Selain itu, produk skin care yang mengandung fragrance juga kurang cocok dipakai untuk jenis kulit sensitif dan berjerawat. Nah, jika hal ini terjadi pada kamu, jangan pernah coba menggaruknya dengan kuku ya, kalau tak ingin kulit menjadi lecet. Hentikan pemakaian dan jika sudah lewat dari beberapa hari masih terasa gatal, segera konsultasi ke dokter kulit.

2. Muncul kemerahan pada kulit

Reaksi lain yang muncul akibat tidak cocok dengan suatu produk skin care adalah ruam kemerahan pada kulit. Masalah seperti ini biasanya sering menghampiri jenis kulit sensitif. Tapi, tak jarang juga kulit normal ikut mengalaminya. Salah satu kandungan yang berpotensi membuat kemerahan pada wajah adalah retinol. Kandungan ini sebenarnya baik untuk menyamarkan flek hitam di kulit. Namun, jika dosisnya terlalu berlebihan, retinol malah akan memicu timbulnya efek samping yang cukup agresif. Selain itu, tak jarang, kemerahan pada kulit juga sering dibarengi dengan rasa panas yang cukup mengganggu.

3. Kulit menjadi kering dan terasa ketarik

Kamu juga perlu menghentikan pemakaian skin care jika kulit wajah berubah menjadi kering. Beberapa produk skin care kerap menggunakan alkohol sebagai bahan campuran ingredients-nya. Sebenarnya, kandungan ini nih yang jadi pemicu utama timbulnya masalah kulit kering. Selain itu, kadar alkohol yang terlalu tinggi juga berpotensi membuat kulit wajah kamu terasa seperti ketarik. Duhhhhhh

4. Kulit mengelupas secara ekstrim

Ada dua hal yang menyebabkan kulit mengalami pengelupasan, yakni karena reaksi alergi atau bisa juga karena efek samping dari kandungan produknya yang sedang bekerja. Beberapa produk skin care terkadang memang memiliki efek samping seperti ini. Agar tak membuat penggunanya merasa panik, biasanya mereka mencantumkannya pada setiap kemasannya. Namun, jika tidak menemukan keterangan efek samping apapun, sebaiknya kamu harus waspada. Hentikan pemakaian produk skin care agar kulit kamu tidak makin menipis.

5. Timbul Jerawat

Nah, kalo ini sudah pasti kulit kamu ga cocok yaaa… Kamu pernah dengan istilah breakout? Istilah ini memang sering digunakan dalam dunia kecantikan saat kulit mengalami masalah parah seusai mencoba produk skin care tertentu, mulai dari komedo hingga ke berbagai jenis jerawat yang sifatnya meradang. Mungkin, salah satu penyebabnya berasal dari kandungan yang terkandung di dalam suatu produk. Dalam dunia kosmetik, silikon sering disebut sebagai dimethicone. Nah, produk-produk yang mengandung silikon memang memiliki tekstur yang ringan dan lembut saat pertama kali diaplikasikan. Namun, produk ini ternyata juga bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Nah, gimana girls? Udah tau kan gejala apa aja yang terlihat kalau kamu ga cocok pake produk skin care? Langsung hentikan yahhh kalau timbul gejala-gejala yang seperti mimin jelaskan.