pakai softlens

Pakai Softlens Saat Tidur?

Alasan Mengapa Tidak Boleh Tidur Memakai Softlens

facebook softlens tweet softlens

Mungkin kamu sudah sering dengar dan tau bahwa tidak boleh pakai softlens saat tidur. Apakah kamu tau mengapa hal ini di larang dan apa akibatnya jika kamu tidak menghiraukan larangan ini? Mimin yakin dehhh kalian pasti banyak banget yang males melepas, mencuci, dan menyimpan softlens kalian dengan benar sebelum tidur.

Pada artikel kali ini, mimin akan membahas mengapa kamu tidak boleh memakai softlens saat tidur.

Pakai Softlens Saat Tidur? Boleh Gak Sih?

1. Softlens Menghambat Aliran Oksigen Jika Kamu Nekat Pakai Softlens Saat Tidur

Banyak produsen softlens yang mengatakan bahwa softlens yang mereka produksi menggunakan teknologi tinggi yang mampu memperlancar aliran oksigen ke mata serta terbuat dari bahan yang berbahan dasar air. Namun, pada kenyataannya ketika kamu tidur selaput mata kamu akan tertutup dan sudah pasti aliran oksigen akan sulit masuk ke mata. Nah jika di tambah memakai softlens ketika kamu tidur, tentu akan lebih sulit lagi oksigen untuk mengalir ke kornea. Akibatnya jika kornea mata kamu kekurangan oksigen mata kamu akan memerah serta disertai perih yang cukup menganggu dan paling parah adalah iritasi.

2.Mempengaruhi Pembuluh Darah di Mata

Nah jika kamu memakai softlens yang tidak dirancang khusus untuk di pakai semalaman, maka bisa menimbulkan bahaya bagi mata kamu. Dikarenakan oksigen yang terhambat maka pembuluh darah di mata bisa terpengaruh. Kutipan Livestrong, akibat tidak normalnya pembuluh darah yang di akibatkan kekurangan oksigen akan berdampak pada penglihatan yang terganggu, pembengkakan kornea, dan dan pengaburan penglihatan dari yang paling ringan sampai yang paling berat.

3.    Masuk ke Atas Bola Mata

Nah, ini yang paling mimin takut buat dibayangin, karena mimin ngerasa ngeri sendiri gitu, girls.. Kok bisa sih, min softlens nya masuk ke atas bola mata? Yap, bisa karena bisa jadi atau mungkin secara tidak sadar, pada saat kamu tidur tangan kamu mengucek-ucek mata. Nah dari tangan yang mengucek-ucek mata bisa mengakibatkan softlens yang posisinya di tengah menjadi bergeser ke bagian atas dan bila ini terjadi, maka ketika kamu ingin melepasnya biasanya akan sangat sulit dan memerlukan cairan khusus mata agar tidak terjadi luka iritasi atau infeksi.

Gimana, girls? Udah pada tau kan mengapa kita tidak boleh memakai softlens ketika tidur? Dan akibatnya cukup ngeri kannn…. Masihkah kamu mau tidur pakai softlens?