Softlens yang Berkualitas

Tips Memilih Softlens yang Berkualitas

Hallo, kesayangan mimin. Beberapa kali mimin baca banyak yang minta saran untuk milih softlens yang baik, yang bagus warnanya, yang cocok. Sebenarnya memilih softlens yang baik dan berkualitas itu tidak hanya sekedar cocok dilihat di mata kita. Tetapi kita harus juga loh memperhatikan hal-hal lainnya. Hal-hal lainnya apa? Nah, hari ini artikel mimin sih tentang bagaimana sih memilih softlens yang berkualitas?

Tips Memilih Softlens yang Berkualitas

1. Memiliki sirkulasi udara yang baik

Softlens yang baik adalah softlens atau lensa kontak yang mampu memberikan oksigen ke mata kita. Karena mata kita membutuhkan oksigen untuk mempertahankan efektivitas fungsinya, terutama kornea. Karena itu pastikan kita memilih lensa kontak yang mampu memberikan oksigen ke mata agar mata tetap sehat, lembab dan bercahaya.

 

2. Memiliki Kelembaban yang baik

Kadar air softlens dibagi menjadi dua, yaitu berkadar air tinggi di atas 50% dan berkadar air rendah dibawah 50%. Lalu softlens mana yang lebih baik? Jawabannya adalah tergantung pada kondisi mata masing-masing. Bila kualitas dan kuantitas air mata kamu normal, maka penggunaan kelembapan kadar air di atas 50% akan menjadi nyaman. Karena softlens dengan kadar air tinggi dapat lebih mudah meneruskan oksigen ke dalam mata. Tetapi jika produksi air mata kamu cenderung kecil/sedikit, maka lebih baik memakai softlens berkadar air rendah atau di bawah 50%. Hal ini dikarenakan kadar air rendah akan mengurangi penyerapan air mata ke dalam pori softlens sehingga dapat menjaga kelembapan mata.

 

3. Berwarna alami

Softlens juga sebaiknya disesuaikan dengan kondisi pemakainya. Seperti warna kulit, dipakai pada siang atau malam hari, serta kesesuaian dengan warna baju yang akan dipakai. Supaya dapat menunjang penampilan pemakainya. Kalau kamu bingung, mimin pernah tulis artikel bagaimana memilih softlens sesuai dengan warna kulit dan warna rambut.

 

4. Berukuran sesuai dengan mata asli

Setiap softlens juga memiliki berbagai macam bentuk dan desain, mengikuti tren fashion masa kini. Sebaiknya pilihlah lensa kontak dengan bentuk yang paling tepat dengan mata, yakni besarnya kornea atau bola mata.
 

5. Perhatikan tanggal kadaluarsa

Perhatikan tanggal kadaluarsa lensa kontak yang ada pada kemasan. Selain itu juga aturan pakainya, termasuk durasi/periode lamanya aman untuk dipakai. Jangka waktu aman untuk pemakaian softlens dalam sehari umumnya adalah selama 8 jam. Jika akan dipakai lebih lama dari waktu tersebut, sebaiknya lepas dulu softlens selama satu jam untuk memberi kesempatan mata bernafas. Terutama jika softlens tersebut memiliki pori kecil dan berkadar air rendah.

Nah, gimana? Sebenarnya memilih softlens yang berkualitas itu gampang kok asal kalian teliti. Dan ga asal pakai atau cocok saja yah dengan face, warna kulit kalian. Jangan lupa untuk mengikuti steps yang mimin kasih ke kalian.