Umur Kadaluarsa Kosmetik

umur kadaluarsa

Hallo, girls.. Ngga bisa kita pungkiri bahwa kosmetik telah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan wanita yah. Penggunaan kosmetik yang cocok dapat membantu menutupi kekurangan wajah dan menonjolkan kelebihan dari wajah, sehingga pemakainya kelihatan lebih cantik, setuju ya? Tapi, ternyata kamu juga harus memperhatikan umur kadaluarsa dari kosmetik yang kamu punya loh! Mengapa? Karena kosmetik dapat kedaluarsa. Nah looo… Dan zat yang digunakan sebagai pengawet pada kosmetik setelah jangka waktu tertentu akan habis atau tidak memberikan manfaat lagi. Pada saat inilah kosmetik dikatakan kedaluarsa. Padahal nih kadang – kadang saat kita liat kosmetik belum habis, kita merasa sayang untuk membuangnya. Ya kan? Girls, jika kosmetik tersebut sudah kedaluarsa dan tetap kamu pakai, dapat menyebabkan dampak yang merugikan untuk wajah, misalnya kulit menjadi alergi, gatal, merah, atau bengkak. Hilangnya fungsi pengawet, menyebabkan banyak kuman yang berkembang biak dan merusak kosmetik sehingga memberikan efek negatif untuk wajah.
 

Hmmm… Secara umum, umur kedaluarsa kosmetik seperti berikut :

  • Lipstick dan lipgloss mempunyai umur kadaluarsa sekitar 2 – 3 tahun
  • Alas bedak atau foundation mempunyai umur kadaluarsa sekitar 1 – 2 tahun
  • Bedak juga mempunyai waktu kadaluarsa sekitar 1 – 2 tahun
  • Blush on hanya mempunyai waktu kadaluarsa sekitar 4 – 6 bulan
  • Sedangkan maskara mempunyai waktu kadaluarsa sekitar 3 – 6 bulan
  • Begitu pula dengan eye shadow juga mempunyai waktu kadaluarsa sekitar 3 – 6 bulan

Nah, ternyata selain hilangnya fungsi pengawet setelah jangka waktu tertentu, adapula yang menyebabkan kedaluwarsa jenis kosmetik tertentu tidak sama. Beberapa faktor lainnya yang menjadi penyebab kedaluwarsa tiap jenis kosmetik berbeda-beda antara lain adalah bahan pembuat kosmetik, cara pemakaian kosmetik dan cara penyimpanan kosmetik. Berikut ini beberapa faktor penyebab kedaluwarsa kosmetik berbeda-beda :
 

  1. Bahan Pembuat Kosmetik

Kosmetik berbentuk cream (misalnya blush on) lebih cepat kedaluwarsa dibandingkan bentuk bubuk padat. Kosmetik yang berbahan dasar air umurnya lebih sedikit dari kosmetik yang berbahan dasar minyak.
 

  1. Cara Penggunaan Kosmetik

Pemakaian kosmetik dengan menggunakan kuas lebih tahan lama dibandingkan bila langsung digunakan ke wajah atau bila menggunakan jari. Hal ini disebabkan adanya kontak langsung dari anggota tubuh yang dapat menyebarkan kuman pada kosmetik.
 

  1. Penyimpanan Kosmetik

Bila disimpan dalam tempat yang sejuk dan tertutup rapat dapat mengurangi jumlah kuman yang masuk dalam kosmetik sehingga umur kosmetik dapat lebih lama.

Nah, sebaiknya kamu juga membuang kosmetikmu jika kosmetik yang kamu punya sudah mulai berubah warna, pecah-pecah membentuk butiran, atau bila berbau. Hal ini mengindikasikan bahwa kosmetik sudah lama dan kedaluwarsa. Ingatlah, bahwa wajah lebih penting daripada tetap menggunakan kosmetik kedaluarsa yang berdampak buruk.. hihihi…

×

Hello!

Click one of our representatives below to fast order from our support on WhatsApp

×