wajah berminyak

Wajah Berminyak

Fakta Wajah Berminyak

Mimin sebel sih punya wajah berminyak..

Tapi gara- gara itu, mimin harus memutar otak saat akan mengaplikasikan make up. Karena mimin takut yang tadinya mau tampil cantik, apa daya kilauan di muka mimin malah makin menjadi. Nah, gemes kan yahhh jadinya… Mimin jadi rutin cari info sana-sini untuk mengetahui lebih jauh tentang masalah wajah yang satu ini. Nah, apa aja bahasan artikel mimin hari ini? Yuk langsung aja…

Apa sih Penyebab Wajah Berminyak?

1. Salah satu penyebab minyak yang berlebihan di wajah adalah karena pengaruh hormon di dalam tubuhmu

Saat kamu merasa minyak pada wajah lagi banyak-banyaknya, biasanya kamu berpikir bahwa masalah wajahmu ini semakin parah. Padahal nggak selalu demikian, salah satu penyebab wajah dengan minyak yang membludak adalah hormon di dalam tubuh yang lagi nggak stabil. Harus disadari bahwa cewek sering mengalami perubahan hormon, saat sedang haid atau menstruasi, misalnya. Hal ini jugalah yang menyebabkan mood kamu jadi kacau nggak karuan. Makanya, jangan heran saat kamu merasa bahwa minyak di wajahmu sedang berlebihan, lalu beberapa hari kemudian kembali normal seperti sediakala.

2. Faktor genetik juga bisa jadi penyebabnya.

Selain karena hormon yang lagi nggak stabil, kulit wajah yang berminyak juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Percaya atau nggak, kamu boleh cari tahu riwayat jenis kulit anggota keluargamu. Mulai dari orangtua, om-tante, atau bahkan kakek-nenekmu. Karena bisa saja jumlah kelenjar dan tingkat aktivitasnya yang mengakibatkan produksi minyak berlebih ini nggak jauh berbeda denganmu. Kalau memang ternyata jawabannya adalah iya, berarti memang sudah takdirnya kamu punya wajah berminyak. Kayak mimin nih faktor genetik dari papa… Tinggal kita pintar-pintar merawatnya saja !

3. Pola makan sehari-hari dan kondisi psikis bisa juga memengaruhi kondisi kulit wajah yang berminyak, lho!

Ketika sedang lapar, biasanya kita nggak memedulikan asupan yang masuk ke dalam tubuh, termasuk kamu jugakah? Bagimu, yang terpenting adalah perut kenyang, lidah dan dahaga terpuaskan. Padahal, menjaga pola makan itu perlu karena dapat memengaruhi produksi minyak pada wajah. Kamu dianjurkan untuk nggak terlalu sering mengonsumsi lemak, makanan asin dan makanan yang banyak mengandung gula karena makanan tersebut kurang baik bagi wajah berminyak. Selain itu, kondisi psikis seperti sering stres pun bisa menyebabkan kulit wajah makin mengkilap. Makanya, kamu harus bisa mengatur suasana hati, ya.

4. Cara kamu membersihkan wajah selama ini bisa jadi keliru. Misalnya, salah pilih sabun pembersih dan menggosoknya terlalu kasar pada wajah

Kalau kamu sudah rutin membersihkan wajah, tapi merasa masih berminyak juga, coba cek caramu membersihkannya. Bisa saja ketika membersihkan wajah, kamu melakukannya secara terburu-buru sehingga menggosok kulit wajah terlalu kasar.

Hal ini bisa menyebabkan minyak di wajahmu nggak hilang secara maksimal. Selain itu, kamu juga perlu mengecek sabun pembersih yang digunakan. Apakah memang diperuntukkan khusus kulit berminyak atau nggak. Jika sabun pembersih itu sudah mengandung salicylic acid, beta-hydroxy acid, glycolic acid atau benzoyl peroxide, artinya pilihanmu sudah tepat. Mencuci wajahnya pun jangan terlalu sering, cukup 2 kali sehari saja saat pagi dan sore atau malam hari.

5. Produk kosmetik yang nggak sesuai bisa jadi masalah. Kulit berminyak sebaiknya pakai bedak tabur

Sebagai cewek kekinian yang mudah terpikat dengan beragam iklan produk kecantikan, tanpa disadari kamu jadi korbannya. Kamu jadi menyepelekan produk khusus kulit berminyak, alhasil kamu jadi sering coba-coba. Misalnya saja kamu lebih suka bedak padat dibanding bedak tabur karena mengikuti tren yang diperkenalkan para beauty blogger. Padahal dengan kondisi kulitmu yang berminyak, sebaiknya pilih bedak tabur. Selain itu, kamu nggak lagi menggunakan pelembap lantaran merasa wajahmu sudah cukup lembap. Pelembap itu sejatinya masih diperlukan untuk mencegah penuaan kulit, lho. Pilih pelembap yang oil free untuk merawat kulit wajah berminyakmu itu, ya!

 

Well, artikel di atas semua mengupas tentang kulit berminyak.. Dan sekarang kamu jadi tau kan, kiat-kiat untuk menghadapi wajah berminyak? Tanpa harus menyalahkan diri sendiri karena kebiasaan yang cenderung membuat produksi minyak jadi berlebih, ternyata banyak faktor yang menyebabkan minyak di wajahmu nggak mau hilang. Rawat kulit berminyakmu sesuai pemicunya juga bisa dicoba, lho..