mata pedas saat bangun

Mata Pedas Saat Bangun Tidur

Mata Pedas Saat Bangun Tidur?

Hallo!! Readers setia Japan Softlens! Hari ini mimin bakal bahas apalagi sih? Ya! Kembali lagi dengan topik mata pedas.. Eits, tapi kali ini mata pedas saat bangun tidur… Tau ngga sih kalian apa aja yang jadi penyebab mata terasa pedas saat bangun tidur? Dan kok bisa sih mata terasa pedas? Kan padahal habis tidur? Yukkkk langsung aja baca artikel mimin hari ini..

Ya, bangun pagi seharusnya menjadi rutinitas yang menyegarkan bagi tubuh dan pikiran kita. Tapi bagi sebagian orang terkadang matanya terasa seperti terbakar ketika dibuka saat bangun pagi.

Bahkan ada juga merasa seperti ada pasir di dalam kelopak mata tapi kamu tidak mengalaminya setiap hari. Mata kamu tiba-tiba terasa nyeri. Jika kamu kembali tidur, nyerinya akan berkurang. Sebenarnya apa yang terjadi dengan mata kamu?

Menurut dua pakar medis, pada dasarnya yang kamu alami adalah kekeringan mata. Tapi mengapa kurang tidur bisa membuat mata mengering? Apa kaitan diantara keduanya? Ada dua teori yang dianggap mampu menjelaskan fenomena tersebut.

Teori Pertama Tentang Penyebab Mata Pedas Saat Bangun Tidur

Pertama, hal ini bisa disebabkan oleh kelenjar air mata yang berfungsi untuk membasahi permukaan mata agar tetap lembab, berkilau dan sehat. Kelenjar ini juga terhubung ke otak lewat semacam sirkuit neurologis. Cara kerja kelenjar ini ada kaitannya dengan cukup tidaknya jumlah jam tidur seseorang. Mungkin kelenjar air mata berhenti mengeluarkan air mata jika kamu kurang tidur. Nahhhh bagi yang suka lembur, bergadang dan harus bangun pagi, harus mulai diperhatikan jam tidurnya. Kondisi ini juga melibatkan sirkuit yang sama: sinyal bahwa kamu membutuhkan jam tidur lebih banyak. Ketika kelenjar memberikan sinyal itu maka mata ‘terpaksa’ beristirahat. Pasalnya penderita biasanya takkan tahan dengan sensasi terbakar dan menyengat di matanya sehingga mereka pun memilih tidur lagi. Penderita juga tak bisa mengatasi gangguan itu selain dengan tidur.
 

Teori Kedua

Penyebab kedua adalah otot mata yang pedih dan kelelahan membuat mata terasa panas di pagi hari. Penggunaan mata secara berlebihan juga akan membuat mata kamu menegang dan membuat kamu jadi tak berkedip sesering biasanya, terutama jika kamu sering terfokus pada layar komputer. Padahal berkedip membuat mata mampu membasahi dirinya sendiri secara alami.
Dengan kata lain, mengurangi kedipan mata di malam hari berarti mata akan mengering ketika ditutup malam itu dan bisa jadi keduanya akan tetap kering ketika alarm berbunyi dan kelopak mata sudah waktunya terbuka di pagi hari.
Cukup singkat dan jelas bukan artikel mimin hari ini? Yuk mulai atur jadwal tidur yang cukup, dan mulai memanjakan mata kita agar tetap sehat!

mata bengkak saat bangun

Mata Bengkak Saat Bangun Tidur

Pernah mengalami mata bengkak saat bangun tidur? Pasti bikin kamu gak percaya diri saat mau melanjutkan aktivitas selanjutnya kan? Kemarin mimin sudah membahas mata pedas saat bangun tidur dan sekarang mimin akan sharing artikel tentang mata bengkak saat bangun tidur. Sebenarnya apa yang menyebabkan mata jadi bengkak saat bangun di pagi hari..??? Mata yang bengkak biasanya baru tersadari saat kamu bangun tidur. Tenang saja.. Kejadian ini adalah hal yang umum terjadi kok dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Wahhhh ternyata banyak juga yah gangguan pada mata kita, kemarin mimin sudah bahas mata terasa pedas saat bangun tidur… Yuk langsung aja, ke beberapa penyebab mata bengkak saat bangun tidur :

1. Posisi Tidur Adalah Salah Satu Faktor Penyebab Mata Bengkak Saat Bangun Tidur

Yap, tidur dengan posisi kepala yang tidak ditinggikan bisa membuat cairan terakumulasi di bawah mata. Sebaliknya jika kepala agak tertopang dengan menempatkan bantal di bawah kepala akan memungkinkan kekuatan gravitasi untuk menarik cairan dari bawah mata secara alami.

 

2. Waktu tidur

Waktu tidur yang cukup tidak hanya membantu tubuh berfungsi dengan baik, tapi juga mempengaruhi tingkat peradangan dalam tubuh. Bila kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka pembuluh darah di bawah mata akan membesar dan lebih dekat dengan permukaan sehingga tampak lebih bengkak.

 

3. Makanan dan Minuman yang Kamu Konsumsi Juga Mempengaruhi Mata Bengkak Saat Bangun Keesokan harinya

Jika sebelum tidur kamu mengkonsumsi makanan yang kaya natrium atau minum alkohol berlebih maka kemungkinan akan bangun dengan mata bengkak. Hal ini karena makanan yang terlalu asin atau natrium tinggi menyebabkan tubuh menahan air sehingga memicu mata bengkak. Sementara itu alkohol bertindak sebagai minuman yang memicu dehidrasi sehingga membuat kulit di bawah mata terasa lebih tipis. Hal ini menyebabkan cairan yang menumpuk lebih terlihat dan tampak lebih bengkak.

Jangan khawatir, ada beberapa tips kok mengatasi mata bengkak.. *dulu mimin pernah sih upload, disini mimin akan mengingatkan kamu lagi secara singkat* :

  • Mengompres dingin area mata secara keseluruhan selama beberapa menit setelah bangun tidur. Untuk mengompresnya bisa menggunakan irisan timun, kain, kapas atau kantong teh basah yang berfungsi menyempitkan pembuluh darah.
  • Berikan tekanan secara lembut pada tulang di sekitar mata seperti ketika dikompres, kondisi ini akan mendorong sirkulasi dan membantu mengurangi cairan berlebih.
  • Jika mata bengkak akibat makan makanan asin di malam hari, maka minum air putih saat bangun tidur bisa membantu mengurangi mata bengkak.
  • Cobalah tidur cukup dan menggunakan bantal untuk membantu menopang kepala sehingga mencegah akumulasi cairan di sekitar mata selama tidur.
  • Jika mata yang bengkak akibat alergi terhadap sesuatu, maka kenali pemicu alergi tersebut. Alergi ini bisa disebabkan oleh sabun, kosmetik atau obat tertentu.

Yap, sekarang kamu udah mengerti kan kenapa mata bisa bengkak saat kamu bangun tidur?