cara mudah merawat softlens

Cara Mudah Merawat Softlens

Hallo, girls. Apakah kamu merupakan pengguna softlens setiap hari? Atau yang hanya memakai softlens pada saat acara tertentu saja? Jika kamu jarang memakai softlens, kamu harus tau bagaimana cara mudah merawat softlens yang jarang kamu pakai! Kamu ga mau kan jika jarang memakai softlens tapi pas saat mau dipakai softlens kamu menjadi ga enak. Terasa tebal. Yuk langsung aja yah mimin kasih tau gimana cara merawat softlens yang jarang kamu pakai!

 

Cara Mudah Merawat Softlens

1. Ganti Wadah Secara Rutin

Yang pasti dan harus kalian lakukan adalah mengganti wadah softlens secara rutin agar terhindar dari bakteri. Nah kapan waktu yang tepat untuk mengganti tempat softlens kalian? 3 bulan! Yap! Setiap 3 bulan kalian ngga boleh lupa yah untuk mengganti tempat softlens kalian!

 

2. Cuci Terlebih Dahulu Sebelum Menyimpanya

Karena softlens ini langsung menempel berkontakan langsung dengan mata kita, maka kita harus banget jaga kebersihannya. Cucilah softlens kamu sebelum disimpan yah! Gimana coba cara mencuci softlens yang benar? Hayoo…

Cuci tangan kamu terlebih dahulu menggunakan air bersih dan keringkan menggunakan kain atau handuk yang tidak berserat ya. Karena handuk berserat bisa menempel di tangan. Keringkan tangan kamu sampai kering!
Taruh softlens di telapak tangan kemudian tuangkan cairan pembersih khusus (cairan solution) kira-kira 2 – 3 tetes. Bersihkan satu persatu dengan cairan tersebut dengan ujung jari kamu dan lakukanlah dengan lembut serta hati-hati.

Jika sudah bilas dengan cairan pembersih khusus lagi dan taruh di tempat softlens kamu. Lalu tuangkan kembali cairan pembersih ke dalam wadah sampai softlens benar-benar terendam. Rendamlah kira-kira 3 – 4 jam kemudian buang cairan pembersih dan bersihkan wadahnya dan taruh softlens di wadah tersebut dan simpan.

 

3. Selalu Rawat Kuku Anda

Kuku pasti selalu bersentuhan langsung dengan softlens kamu. Makanya kamu harus memastikan kuku kamu tetap bersih yah agar menghindari resiko bakteri yang menempel di kuku. Agar lebih aman lagi, potonglah kuku kamu agar tidak menggores atau merobek softlens kamu.

 

Yap! Kira-kira itu bagaimana cara merawat softlens yang jarang kamu pakai. Tapi ingat, jika kamu mau pakai softlens yang sudah cukup lama kamu simpan, cuci dulu yah softlensnya!

merawat softlens

Merawat Softlens dengan Benar

Hallo girls… Setelah kalian membeli softlens, tentunya dengan kualitas yang bagus, kalian ga mau donk kalau softlens kalian cepet ga enak kalau dipakai? Atau bahkan kalian sudah mengikuti petunjuknya tapi softlens kalian masih cepet rusak? Nah, hari ini mimin mau kasih beberapa tips buat kamu bagaimana cara merawat softlens yang sudah kalian punya agar awet tahan lama.

Merawat Softlens Agar Lebih Awet

  1. Salah Satu Cara Merawat Softlens Adalah Pastikan Tangan Kamu dalam Keadaan Bersih Ketika Menyentuh Softlens

Tangan kita ini merupakan sarang kotoran dan kuman yang cukup banyak pada tubuh manusia, jika kamu langsung menyentuh softlens dengan kondisi tangan yang kotor atau steril bisa jadi membawa resiko di kemudian hari loh.

Cucilah tangan menggunakan sabun antiseptic agar kotoran, debu, dan kuman bisa dihilangkan. Ingat! hindari untuk menggunakan sabun yang mengandung pelembab ya, karena biasanya pelembab terdapat pada sabun khusus untuk kecantikan.

  1. Selalu Bersihkan Softlens Setelah Dipakai Untuk Merawat Softlens

Menjaga softlens agar tetap bersih adalah cara merawat softlens selanjutnya yang kamu ga boleh lupa yah, girls. Karena dengan membersihkan lensa kontak sebelum disimpan mengurangi kuman yang berkembang. Kalau kalian belum tahu bagaimana caranya, mimin kasih tau sekalian dehhhh…

  • Pertama, pastikan tangan kamu sudah bersih dan steril
  • Letakan softlens di telapak tangan
  • Tuangkan cairan solution yang di rekomendasikan 3 – 4 tetes di atasnya
  • Lalu bersihkan softlens tersebut dengan cara menggosoknya menggunakan ujung jari selama 15 detik
  • Bilas kembali menggunakan cairan khusus softlens/ solution
  • Letakan softlens ke wadahnya dan tuangkan cairan khusus softlens hingga terendam.

  1. Bersihkan Wadah Softlens Secara Berkala

Cairan yang untuk merendam softlens sebaiknya diganti setiap 1 bulan sekali jika softlens kamu jarang dipakai dan hanya disimpan saja. ini gunanya untuk menghilangkan kuman yang berkembang biak. Mimin pernah post kok, di artikel cara mudah merawat softlens yang jarang dipakai

  1. Hindari Memiliki Kuku Panjang

Lagi-lagi masalah kuku seperti yang sudah pernah juga mimin post. Jika kamu sering kali memakai softlens sendiri maka sebaiknya hindari memiliki kuku yang panjang karena bisa merobek atau merusak permukaan sisi softlens. selain itu, biasanya kuku yang panjang sering kali menjadi tempat yang mudah untuk kuman hinggap.

  1. Gunakanlah Cairan Sebelum Tanggal Kadaluarsa

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan cairan solution yang kamu beli.. Lihat dulu tangggal kadaluarsanya dan jika kamu memang sudah memiliki sisa cairan tersebut sebaiknya jangan digunakan jika sudah kadaluarsa.

  1. Ganti Wadah Softlens Setiap 3 Bulan Sekali

Kalau yang ini penting buat kamu yang memiliki softlens yang jarang dipakai dan hanya disimpan saja. wadah yang sudah lama biasanya mengalami penurunan daya tahan terhadap kuman. semakin lama akan semakin mudah dihinggapi kuman. Jadi, setidaknya gantilah setiap 3 bulan sekali.

Gimana, girls? Sebenarnya cara merawat softlens supaya tahan lama itu gampang banget kan?

Nah, jangan hanya dibaca yah, girls.. tapi juga dilakuin lhooo agar softlens kamu awet tahan lama…

Xoxo

tips dan cara menggunakan softlens

Tips dan Cara Menggunakan Softlens

OOPS! Kayaknya mimin kelewatan nih kasih artikel ini ke kalian. Sorry, my girls. Beberapa dari kalian pasti ada yang masih bingung atau sudah merasa benar dengan bagaimana memakai softlens yang benar. Nah bagi kalian yang mungkin sudah merasa benar. Coba nanti kalian check tips dan cara menggunakan softlens yang benar ala mimin. Bagi kalian yang belum tahu, bisa kok langsung dipraktekan asal kalian jangan gugup dan takut yah hihihi

Tips dan Cara Menggunakan Softlens Untuk Pemula

1. Yang perlu kalian perhatikan dan harus kalian tahu pertama kali adalah tangan kalian harus dalam kondisi bersih dan steril.

Cucilah tangan kamu terlebih dahulu memakai sabun antiseptik yang dikhususkan untuk membersihkan tangan. Ini bertujuan untuk mematikan bakteri dan kuman yang menempel di tangan. Sehingga tangan kamu bersih dan steril.

 

2. Hal kedua adalah jangan menggunakan body lotion sebelum memasang softlens.

Ini dikarenakan body lotion mengandung zat-zat yang kimia yang dapat menempel pada softlens sehingga bisa menyebabkan iritasi pada mata.

 

3. Kamu harus memastikan bahwa tangan kamu benar-benar kering sebelum memegang softlens.

 

4. Perhatikanlah kebersihan dan juga keadaan dari softlens kamu.

Softlens haruslah selalu dalam keadaan terendam cairan khusus softlens. Perhatikan juga apakah softlens dalam keadaan terbalik ataupun tidak.

 

5. Apabila softlens yang hendak kamu pakai masih dalam keadaan baik, maka selanjutnya adalah membersihkan softles.

Gosok kedua sisi bagian softlens dengan menggunakan cairan pembersih khusus softlens dengan sangat hati-hati.

 

6. Nah yang ke enam, kamu harus memastikan juga softlens dalam keadaan utuh.

Tidak robek dan tidak ada kotoran yang menempel pada softlens.

 

7. Jangan lupa perhatikan juga kebersihan kuku tangan kamu.

Sebaiknya potong kuku yang digunakan untuk membersihkan softlens menjadi pendek. Karena kuku panjang dapat beresiko membuat softlens menjadi tergores atau bahkan robek.

 

8. Dan cara menggunakan softlens yang baik dan benar adalah seperti ini:

Tarik kelopak mata bawah menggunakan jari tengah. Letakkan softlens pada jari telunjuk kamu. Sedangkan bola mata kamu melihat ke arah atas. Tempelkan softlens pada mata kamu. Jika sudah menempel, kedip-kedipkan mata agar softlens bisa bergerak menuju ke kornea mata kamu dengan tepat.

Yay sudah selesai deh cara pakai softlensnya. Gimana? Gampang, kan? Sudah benar kah kalian pake softlens nya selama ini? :p

Xoxo