umur kadaluarsa

Umur Kadaluarsa Kosmetik

Hallo, girls.. Ngga bisa kita pungkiri bahwa kosmetik telah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan wanita yah. Penggunaan kosmetik yang cocok dapat membantu menutupi kekurangan wajah dan menonjolkan kelebihan dari wajah, sehingga pemakainya kelihatan lebih cantik, setuju ya? Tapi, ternyata kamu juga harus memperhatikan umur kadaluarsa dari kosmetik yang kamu punya loh! Mengapa? Karena kosmetik dapat kedaluarsa. Nah looo… Dan zat yang digunakan sebagai pengawet pada kosmetik setelah jangka waktu tertentu akan habis atau tidak memberikan manfaat lagi. Pada saat inilah kosmetik dikatakan kedaluarsa. Padahal nih kadang – kadang saat kita liat kosmetik belum habis, kita merasa sayang untuk membuangnya. Ya kan? Girls, jika kosmetik tersebut sudah kedaluarsa dan tetap kamu pakai, dapat menyebabkan dampak yang merugikan untuk wajah, misalnya kulit menjadi alergi, gatal, merah, atau bengkak. Hilangnya fungsi pengawet, menyebabkan banyak kuman yang berkembang biak dan merusak kosmetik sehingga memberikan efek negatif untuk wajah.
 

Hmmm… Secara umum, umur kedaluarsa kosmetik seperti berikut :

  • Lipstick dan lipgloss mempunyai umur kadaluarsa sekitar 2 – 3 tahun
  • Alas bedak atau foundation mempunyai umur kadaluarsa sekitar 1 – 2 tahun
  • Bedak juga mempunyai waktu kadaluarsa sekitar 1 – 2 tahun
  • Blush on hanya mempunyai waktu kadaluarsa sekitar 4 – 6 bulan
  • Sedangkan maskara mempunyai waktu kadaluarsa sekitar 3 – 6 bulan
  • Begitu pula dengan eye shadow juga mempunyai waktu kadaluarsa sekitar 3 – 6 bulan

Nah, ternyata selain hilangnya fungsi pengawet setelah jangka waktu tertentu, adapula yang menyebabkan kedaluwarsa jenis kosmetik tertentu tidak sama. Beberapa faktor lainnya yang menjadi penyebab kedaluwarsa tiap jenis kosmetik berbeda-beda antara lain adalah bahan pembuat kosmetik, cara pemakaian kosmetik dan cara penyimpanan kosmetik. Berikut ini beberapa faktor penyebab kedaluwarsa kosmetik berbeda-beda :
 

  1. Bahan Pembuat Kosmetik

Kosmetik berbentuk cream (misalnya blush on) lebih cepat kedaluwarsa dibandingkan bentuk bubuk padat. Kosmetik yang berbahan dasar air umurnya lebih sedikit dari kosmetik yang berbahan dasar minyak.
 

  1. Cara Penggunaan Kosmetik

Pemakaian kosmetik dengan menggunakan kuas lebih tahan lama dibandingkan bila langsung digunakan ke wajah atau bila menggunakan jari. Hal ini disebabkan adanya kontak langsung dari anggota tubuh yang dapat menyebarkan kuman pada kosmetik.
 

  1. Penyimpanan Kosmetik

Bila disimpan dalam tempat yang sejuk dan tertutup rapat dapat mengurangi jumlah kuman yang masuk dalam kosmetik sehingga umur kosmetik dapat lebih lama.

Nah, sebaiknya kamu juga membuang kosmetikmu jika kosmetik yang kamu punya sudah mulai berubah warna, pecah-pecah membentuk butiran, atau bila berbau. Hal ini mengindikasikan bahwa kosmetik sudah lama dan kedaluwarsa. Ingatlah, bahwa wajah lebih penting daripada tetap menggunakan kosmetik kedaluarsa yang berdampak buruk.. hihihi…

warna lipstik

Warna Lipstik Tidak Cocok

Hai hai hai, girls… Kamu pernah ngga sih ngerasa suka iri gitu ngelihat warna lipstik yang cocok di bibir teman tapi pas kamu coba malah sama sekali tidak cocok di bibir kamu? Padahal kamu sudah lama banget mengincar warna yang dipakai teman kamu. Hmm, bikin jengkel banget gitu yah rasanya? Tapi, tahukah kamu jika lipstik saat dioleskan di bibir akan berbeda hasilnya? Warna merah akan berbeda hasilnya saat dioleskan pada bibir kamu yang berwarna gelap dan di bibir teman yang berwarna terang. Nah, kamu ga perlu tergesa-gesa menghapusnya. Kamu bisa kok menyiasati agar warna lipstik atau gincu nama ngetrennya bisa sesuai dengan harapanmu. Yuk, langsung aja yah mimin kasih beberapa tipsnya di bawah ini.
 

Tips Menghindari Warna Lipstik yang Tidak Cocok

  • Gunakan Lipgloss Bening

Yap ! Lipgloss bening dapat kamu gunakan.. Caranya saat kamu akan menghapus lipstik matte. Oleskan lipgloss bening di bibir, lalu katupkan bibir dengan tissue agar warna gincu yang kamu pakai sebelumnya terangkat. Kemudian kamu dapat mengoleskan warna gincu sesuai yang kamu inginkan. Jika kamu ngga punya lipgloss bening, kamu juga bisa kok menggunakan baby oil. Eits, tapi pastikan kamu ngga menjilatnya yah… Hehehehe
 

  • Gunakan Bedak Tabur

Bedak tabur, minn? Ngga salah? Engga kok, bener bedak tabur.. Bedak tabur ngga hanya membuat penampilan kamu bebas minyak, bedak tabur juga memiliki banyak manfaat. Agar warna pinggir bibir tetap bersih taburkan bedak di sekitar pinggir bibir. Lalu tambahkan warna gincu sesuai dengan keinginan kamu.
 

  • Gunakan Lipstik Warna Nude

Nah, kalo kamu merasa kurang cocok dengan gincu kamu yang berwarna hangat (merah, orange) maka kamu dapat mengoleskan warna nude untuk menyamarkannya. Sedangkan untuk gincu warna dingin (violet, ungu) kamu dapat menambahkan warna pink untuk menyamarkannya.

Nah, girlsss… Demikian 3 cara untuk mengatasi warna lipstik yang tidak sesuai. Jadi mulai sekarang kamu tidak peru panik lagi kan? Semoga bermanfaat yah buat kamu… Hihihi…