penyebab mata minus

Penyebab Mata Minus dan Ciri-Cirinya

Girls, bagi kalian yang mempunyai mata minus, sebenarnya kalian tau ga penyebab mata minus apa? Atau bagi kalian yang merasa pandangan sedikit blur, membayang, ga fokus, itu merupakan mata minus, atau hanya mata lelah? Hayooooo…

Hari ini mimin yang baik hati mau ngasih informasi ke kalian apa aja sih ciri-ciri mata minus? Atau apa aja yg bisa menyebabkan mata menjadi minus? Langsung aja yuk…

Penyebab Mata Minus

Pertama, mimin akan menjelaskan terlebih dahulu mata minus itu apa.. Mata minus atau rabun jauh sering disebut juga miopia, dimana kondisi ini menyebabkan kamu susah melihat objek dari jarak jauh, objek akan terlihat tidak fokus. Nah, lalu ciri-ciri atau gejalanya apa aja sih?

1.    Kesulitan saat melihat sesuatu dari jarak jauh namun jelas saat melihat jarak dekat

2.    Memicingkan mata saat melihat sesuatu

3.    Tulisan yang kita baca memudar

4.    Kesulitan melihat saat mengendarai kendaraan

5.    Mata terasa tegang

6.    Mata terasa lelah

7.    Sering mengucek mata

8.    Mata sering berkedip

9.    Mata sakit apabila melihat sinar matahari terlalu sering
 

Ciri-Ciri atau Gejala Mata Minus

Apakah kalian merasakan gejala-gejala seperti itu girls? Jika iya, cobalah untuk periksa mata kalian ke dokter mata / optik terdekat. Lalu, apa saja yang dapat menyebabkan mata minus?

1.    Kurangnya mengkonsumsi makanan sehat. (4 sehat 5 sempurna itu penting juga lho girls untuk kesahatan mata kamu)

2.    Pola hidup yang tidak sehat, misalnya membaca di tempat yang redup / gelap, kebiasaan membaca sambil tiduran, kebiasaan membaca dengan jarak yang terlalu dekat.

3.    Sering berada di depan TV / komputer. *duh ini mimin banget nih

4.    Berada di Ruangan yang Tidak Sehat : polusi dan asap kendaraan sebenarnya juga penyebab mata minus loh jika kamu terlalu sering terkena polutan udara kotor dan terik sinar mata hari yang berlebih juga tidak baik untuk mata.

5.    Asupan Gula Berlebihan

6.    Jarang dapat Sinar Ultra Violet , jika terlalu berlebihan, karena mata kita rentang pada sinar yang terlalu panas dan terik matahari secara langsung.

7.    Keturunan.

 

Nah, gimana nih? Kalian paham kan apa aja yang bisa menjadi penyebab mata minus? Dan apa aja ciri-ciri mata minus?
Saran mimin aja nihhh jaga kesehatan mata yam girls… daripada nanti mata minus engga enakkkk bangettt

mengatasi mata lelah

Mengatasi Mata Lelah

Nah kalau kemarin mimin sempet curcol tentang Penyebab Mata Lelah. Hari ini mimin mau ngasih saran ke kalian tips-tips gimana sih cara mengatasi mata lelah?

Yuk, langsung aja yah.

Tips Mengatasi Mata Lelah

1. Mengompres Mata

Dengan mengompres mata kamu maka kamu akan merasa nyaman. Nah, kalian bisa mengompres mata kalian dengan air dingin serta diamkan selama beberapa menit. Selain membuat nyaman hal ini akan membuat mata kamu menjadi bersih loh.

 

2. Membersihkan Mata

Selain mengompres mata, ternyata mencuci mata dengan air dingin beberapa kali sehari bisa membantu merilekskan mata. Juga dapat mengurangi ketegangan yang memicu kelelahan.

 

3. Sendok Dingin

Eh? Yakin, min pakai sendok dingin? Yes, mimin yakin dengan seyakin-yakinnya pakai sendok dingin.. Gimana caranya? Taruh sendok di dalam kulkas agar bisa dingin. Setelah itu sendok yang dingin, kamu taruh deh pada mata sebagai refleksi dari mata yang lelah.

 

4. Menggunakan irisan mentimun, kentang atau strawberry

Maskeran, min? Ya hampir sama seperti maskeran deh. Menempatkan irisan mentimun, kentang atau strawberry di mata lalu biarkan selama 15-20 menit. Atau dengan meletakkan strawberry yang sudah disimpan di lemari es beberapa saat ke kelopak mata sambil terpejam.

 

5. Kantong Teh

Kantong teh juga bisa dipercaya untuk mengatasi mata yang lelah loh. Menggunakan kantong teh dingin, caranya seduh 2 kantong teh ke dalam rebusan air di panci kecil. Setelah mendidih matikan lalu dinginkan untuk mengeluarkan panasnya. Setelah kantong teh benar-benar dingin, tempatkan di mata dan buatlah kondisi rileks.

 

6. Berkedip

Kedip kedip kedip merupakan cara sederhana untuk membuat mata kamu kembali segar loh.

 

7. Buatlah jarak dengan computer

Hm.. Buat kamu yang sering banget di depan computer, pastikan bahwa tempat duduk kamu dengan komputer tidak terlalu dekat ya. Selain itu jika ruangan kerja kamu ber AC, mata akan cepat lelah karena udara dingin dapat membuat mata menjadi kering.

 

8. Memijat

Memijat-mijat kelopak mata juga bisa loh. Caranya sebelum kamu tidur, cobalah untuk memijat kelopak mata kamu dengan lembut dengan gerakan melingkar selama 2 menit. Pijatan adalah salah satu cara untuk mengendurkan otot mata kamu.

Gimana? Banyak juga kan tips alami mencegah mata capek lelah dari mimin? Hehehehe

Semoga bermanfaat banget yah buat kamu.