tips memakai softlens

Tips Memakai Softlens

Softlens sendiri merupakan benda asing yang akan bersentuhan langsung ke mata kita. Dan pada zaman yang sudah berkembang ini, softlens bukan saja sebagai alat bantu untuk melihat yang menggantikan kacamata. Tetapi softlens juga merupakan fashion tersendiri bagi kalangan wanita. Bener ga nih? Atau bahkan beberapa wanita berpikiran bahwa memakai softlens warna merupakan fashion atau aksesoris yang wajib digunakan ketika mereka akan berpergian. Nah, dengan pemakaian softlens yang secara terus menerus, belakangan mimin dapet banyak pertanyaan nih. Bagaimana sih cara atau tips memakai softlens agar mata tidak perih dan nyaman?

Pada artikel ini, mimin bakal memberikan tips bagi kalian. Bbagaimana cara memakai softlens yang baik agar nyaman saat dipakai dan mata tidak perih.

Tips Memakai Softlens Agar Nyaman dan Tidak Perih di Mata

1. Kebersihan Tangan

Hal pertama yang perlu kalian ketahui saat akan memakai softlens adalah kebersihan tangan. Jika kamu sudah memakai handbody saat akan memakai softlens, baiknya kamu harus mencuci tangan terlebih dahulu. Karena zat-zat yang terkandung pada handbody akan menempel pada softlens dan dapat menyebabkan iritasi pada mata kalian.

2. Keadaan Softlens

Lalu perhatikan pula keadaan softlens yang akan kalian pakai. Pastikan softlens kamu terendam di dalam cairan khusus softlens dalam tempatnya.

 3. Bersihkan Softlens dengan Benar

Selanjutnya yaitu bersihkan softlens dengan cara menggosok kedua bagian atau sisi softlens tersebut menggunakan cairan pembersih khusus softlens. Lakukan dengan hati-hati agar softlens tidak rusak atau sobek.

4. Menjaga Kelembapan Mata

Selain tips di atas tentang kebersihan softlens dan tangan, kamu juga harus menjaga kebersihan dan juga kelembaban mata. Makanya ada yang bilang kalau sebaiknya softlens tidak dipakai saat kamu tidur. Karena pada saat kita tidur, mata akan lebih kering dan softlens menjadi susah untuk dilepaskan.

Lihat berbagai macam softlens populer disini >>

Nah, girls. Rajin-rajinlah menjaga kebersihan tangan serta softlens kamu yah. Agar mata cantik kita tidak iritasi dan perih.

Xoxo

pakai softlens

Pakai Softlens Saat Tidur?

Mungkin kamu sudah sering dengar dan tau bahwa tidak boleh pakai softlens saat tidur. Apakah kamu tau mengapa hal ini di larang dan apa akibatnya jika kamu tidak menghiraukan larangan ini? Mimin yakin dehhh kalian pasti banyak banget yang males melepas, mencuci, dan menyimpan softlens kalian dengan benar sebelum tidur.

Pada artikel kali ini, mimin akan membahas mengapa kamu tidak boleh memakai softlens saat tidur.

Pakai Softlens Saat Tidur? Boleh Gak Sih?

1. Softlens Menghambat Aliran Oksigen Jika Kamu Nekat Pakai Softlens Saat Tidur

Banyak produsen softlens yang mengatakan bahwa softlens yang mereka produksi menggunakan teknologi tinggi yang mampu memperlancar aliran oksigen ke mata serta terbuat dari bahan yang berbahan dasar air. Namun, pada kenyataannya ketika kamu tidur selaput mata kamu akan tertutup dan sudah pasti aliran oksigen akan sulit masuk ke mata. Nah jika di tambah memakai softlens ketika kamu tidur, tentu akan lebih sulit lagi oksigen untuk mengalir ke kornea. Akibatnya jika kornea mata kamu kekurangan oksigen mata kamu akan memerah serta disertai perih yang cukup menganggu dan paling parah adalah iritasi.

2.Mempengaruhi Pembuluh Darah di Mata

Nah jika kamu memakai softlens yang tidak dirancang khusus untuk di pakai semalaman, maka bisa menimbulkan bahaya bagi mata kamu. Dikarenakan oksigen yang terhambat maka pembuluh darah di mata bisa terpengaruh. Kutipan Livestrong, akibat tidak normalnya pembuluh darah yang di akibatkan kekurangan oksigen akan berdampak pada penglihatan yang terganggu, pembengkakan kornea, dan dan pengaburan penglihatan dari yang paling ringan sampai yang paling berat.

3.    Masuk ke Atas Bola Mata

Nah, ini yang paling mimin takut buat dibayangin, karena mimin ngerasa ngeri sendiri gitu, girls.. Kok bisa sih, min softlens nya masuk ke atas bola mata? Yap, bisa karena bisa jadi atau mungkin secara tidak sadar, pada saat kamu tidur tangan kamu mengucek-ucek mata. Nah dari tangan yang mengucek-ucek mata bisa mengakibatkan softlens yang posisinya di tengah menjadi bergeser ke bagian atas dan bila ini terjadi, maka ketika kamu ingin melepasnya biasanya akan sangat sulit dan memerlukan cairan khusus mata agar tidak terjadi luka iritasi atau infeksi.

Gimana, girls? Udah pada tau kan mengapa kita tidak boleh memakai softlens ketika tidur? Dan akibatnya cukup ngeri kannn…. Masihkah kamu mau tidur pakai softlens?