efek samping penggunaan softlens

Efek Samping Penggunaan Softlens

Lagi-lagi mimin dapet curcolan dari seorang temen nih hari ini. Ceritanya kornea doi infeksi nih gara-gara doi pakai softlens terus. Duhh.. Ada-ada aja deh dia.. Nah di artikel ini mimin bakal kasi tau ke kalian apa saja efek samping penggunaan softlens dalam jangka waktu panjang. Simak yuk terutama buat kamu yang pake softlens sehari-hari 🙂

Efek Samping Penggunaan Softlens

1. Infeksi Kornea

Nah ini yang terjadi sama temen mimin. Kok bisa sih min kena infeksi kornea? Penyebabnya apa? Penyebabnya infeksi kornea bukan hanya karena bakteri saja ya. Tetapi masih banyak lagi seperti oleh virus, kuman, dan jamur. Ini dikarenakan kamu salah dalam melakukan perawatan softlens. Hayooo hati-hati yaa

2. Softlens Meleleh

Min, yang bener? Softlens bisa meleleh min? Kayak ice cream donk min? Yes, softlens bisa meleleh, girls. Tapi bukan kaya ice cream ya! Softlens bisa meleleh karena disebabkan oleh hawa yang panas. Jadi, kalian jangan deket-deket sama api-api gitu yah girls..

3. Edema

Edema?? Apa lagi nih min? Edema ini adalah kondisi dimana mata kamu kekurangan oksigen dan sangat kelelahan yang berujung pada pandangan kamu yang menjadi kabur. Kok bisa terkena edema kenapa, min? Bisa dong, karena mata yang terlalu sering menggunakan softlens juga beresiko terkena penyakit ini.

4. Bleparitis

Lalu bleparitis itu kayak gimana min? Bleparitis adalah dimana kamu merasakan gejala yang aneh pada kornea mata seperti rasa terbakar, gatal, dan mengeluarkan air mata berlebih. Kok bisa kena bleparitis? Yap, bisa dong karena lantaran mata kamu tidak cocok untuk di pakaikan softlens sehingga bisa menimbulkan Inflamasi pada kelopak mata.

5. Keratitis

Keratitis adalah penyakit yang terjadi karena peradangan pada kornea mata. Penyebab dari penyakit ini adalah infeksi oleh virus Adenovirus yang di tularkan melalui softlens yang kamu pakai. Ciri-ciri umum yang terjadi adalah mata bengkak, disekitar bola mata berwarna merah, mengeluarkan cairan yang berlebih. Dan jika hal ini tidak segera di tangani dengan tepat bisa menyebabkan kebutaan.

Nah, gimana girls? Nambah lagi kan pengetahuan kamu tentang softlens hari ini? Hihi

kadar air softlens

Kadar Air Softlens

Setelah sekiaaannn banyaaakkk artikel yang mimin share, mimin mau tanya dulu nih ke kalian,, Sebenernya, kalian tau ngga apa yang dimaksud dengan kadar air softlens? Hari ini, di akhir bulan April mimin akan menjelaskan pengertian kadar air yang ada pada softlens.

Pembuatan Softlens

Pembahasan awal ini mimin mulai dari pembuatan softlens dulu yah supaya kalian lebih mengerti. Softlens pada umumnya terbuat dari material hidrofilik yang lembut atau plastik yang disebut hidrogel. Bahan hidrogel ini menyerap sejumlah besar air dari sekitarnya untuk menjaga lensa agar tetap lunak dan lentur. Ukuran daya resap dari bahan hidrogel tersebut sering dikenal sebagai Kadar Air.
Softlens sendiri dibuat selentur mungkin agar nyaman ketika dipakai, untuk itulah digunakan hidrogel sebagai bahan dasar pembuat softlens. Karena sampai saat ini bahan hidrogel merupakan yang paling ideal untuk pembuatan softlens. 

Standar Kadar Air Yang Baik

Nah untuk standar kadar air bahan hidrogel yang baik untuk pembuatan softlens agar nyaman dipakai di mata berkisar antara 38% sampai 75% dari berat keseluruhan softlens. Berdasarkan kadar air-nya, umumnya hidrogel tersedia dalam kategori :

  • Rendah (kurang dari 40% air yang diserap)

  • Menengah (50 – 60% persen air yang diserap)

  • Tinggi (lebih dari 60%)

Dengan demikian kita dapat mengatakan bahwa Kadar Air yang tertera pada softlens yang kita pakai itu adalah ukuran kemampuan softlens tersebut dalam menyerap air yang ada di sekitarnya. Sehingga makin tinggi kadar airnya, makin tinggi pula kemampuan penyerapannya.

Kandungan Air dan Ketebalan Lensa

Berbagai merk softlens yang ada saat ini memiliki kandungan air dan ketebalan lensa yang berbeda – beda. Umumnya hidrogel yang memiliki kadar air rendah lebih tipis dari softlens yang memiliki kadar air tinggi.

Kadar air softlens menyediakan pori-pori oksigen untuk melewati lensa dan memberi asupan oksigen ke kornea mata selama pemakaian. Jika kita pakai, pori-pori softlens akan menyerap air mata kita untuk menjaga kelenturannya. Jumlah air mata yang diserap bergantung dari ukuran dan banyaknya pori-pori softlens tersebut. Ukuran pori-pori ini berkaitan dengan informasi kadar airnya. Semakin tinggi kadar airnya, semakin besar pula pori-pori penyerapannya.

Kenapa Kadar Air Softlens Berbeda-Beda?

Softlens dibuat dengan kadar air yang berbeda-beda karena menimbang kondisi mata setiap orang pun juga berbeda-beda. Ada yang cenderung memiliki air mata berlebih, ada yang normal, dan ada pula yang cenderung kurang. Selama kadar air softlens dalam batasan tertentu yang sudah mimin sebutkan di atas, softlens tetap aman digunakan. Kadar air dalam range tersebut sudah disetuju oleh KEMKES RI.

Apakah kalian sudah mengerti sekarang dengan Kadar Air Softlens?

pemakaian softlens

Pemakaian Softlens

Pernahkah kamu merasa softlens yang kamu pakai terasa mengganjal di mata? Atau mata terasa pedas sampai kamu menangis? Apakah kamu tahu sebenarnya apa saja yang harus dihindari dalam pemakaian softlens? Pada artikel hari ini, mimin memberikan informasi apa saja yang perlu kalian perhatikan dalam pemakaian softlens. Langsung aja yah.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Pemakaian Softlens

  1. Hal Pertama yang Harus Kamu Perhatikan Dalam Pemakaian Softlens : Softlens Robek
  2. Softlens yang robek, baik bagian pinggirnya saja atau di tengah tentu sudah tidak layak pakai dan sebaiknya kamu buang. Mengapa? Karena jika softlens robek kamu tetap masih digunakan maka akan menyebabkan gesekan pada mata yang tidak baik. Nah, biasanya softlens bisa robek karena terkena kuku ketika mengambilnya dengan cara yang salah.

  1. Softlens Kotor
  2. Kalau softlens kotor, biasanya kamu males bersihin softlens setelah dipakai. Karena mata kita merupakan organ yang sangat penting dan sensitive, maka kamu harus benar-benar merawat softlens kamu secara baik dan benar agar tidak menimbulkan iritasi pada mata nantinya.

  1. Softlens Kering
  2. Kadar dan jumlah air dalam softlenscase kamu juga harus perhatikan ya! Jangan sampai softlens yang kamu simpan malah menjadi kering dan kaku. Apalagi setelah softlens kamu kering dan kaku, tetap kalian rendam lagi untuk dipakai. NO NO NO.. Jangan pernah memakai softlens yang sudah kering.

  1. Kadaluarsa
  2. Nah, pada awal-awal artikel dulu mimin sudah menjelaskan pula bahwa jika kalian hendak membeli softlens, baiknya kalian mengecek terlebih dahulu tanggal kadaluarsanya.

  1. Softlens Abal Abal
  2. Pasti banyak yang ingin sekali matanya terlihat cantik seperti boneka, apalagi jika kamu ditawarkan softlens dengan warna cantik yang memiliki harga sangat murah. Hati-hati yah, girls jangan asal beli. Sebaiknya kamu cek dulu softlens tersebut apakah sudah terdaftar di Depkes atau belum. Karena ada yang menjual softlens murah yang softlensnya hanya di daur ulang. Kalian ngga mau kan pakai softlens cantik tapi ternyata hasil daur ulang?

  1. Tidur Memakai Softlens
  2. Seperti yang mimin pernah share kemarin. Kalian tidak boleh memakai softlens ketika tidur. Mengapa? Karena pemakaian softlens saat tidur bisa menghambat aliran oksigen ke mata. Lebih jelasnya, kalian bisa baca artikel tentang tidak boleh memakai softlens ketika tidur yang mimin share kemarin.

  1. Pemakaian Terlalu Lama
  2. Yap! Pemakaian softlens yang terlalu lama juga tidak baik untuk mata kalian. Ada baiknya kalian melepas softlens ketika sudah tidak membutuhkannya agar mata kalian dapat bernafas dengan bebas.

Nah, ini kira – kira hal yang perlu kalian perhatikan saat memakai softlens. Semoga artikel hari ini bermanfaat yah!

pakai softlens

Pakai Softlens Saat Tidur?

Mungkin kamu sudah sering dengar dan tau bahwa tidak boleh pakai softlens saat tidur. Apakah kamu tau mengapa hal ini di larang dan apa akibatnya jika kamu tidak menghiraukan larangan ini? Mimin yakin dehhh kalian pasti banyak banget yang males melepas, mencuci, dan menyimpan softlens kalian dengan benar sebelum tidur.

Pada artikel kali ini, mimin akan membahas mengapa kamu tidak boleh memakai softlens saat tidur.

Pakai Softlens Saat Tidur? Boleh Gak Sih?

1. Softlens Menghambat Aliran Oksigen Jika Kamu Nekat Pakai Softlens Saat Tidur

Banyak produsen softlens yang mengatakan bahwa softlens yang mereka produksi menggunakan teknologi tinggi yang mampu memperlancar aliran oksigen ke mata serta terbuat dari bahan yang berbahan dasar air. Namun, pada kenyataannya ketika kamu tidur selaput mata kamu akan tertutup dan sudah pasti aliran oksigen akan sulit masuk ke mata. Nah jika di tambah memakai softlens ketika kamu tidur, tentu akan lebih sulit lagi oksigen untuk mengalir ke kornea. Akibatnya jika kornea mata kamu kekurangan oksigen mata kamu akan memerah serta disertai perih yang cukup menganggu dan paling parah adalah iritasi.

2.Mempengaruhi Pembuluh Darah di Mata

Nah jika kamu memakai softlens yang tidak dirancang khusus untuk di pakai semalaman, maka bisa menimbulkan bahaya bagi mata kamu. Dikarenakan oksigen yang terhambat maka pembuluh darah di mata bisa terpengaruh. Kutipan Livestrong, akibat tidak normalnya pembuluh darah yang di akibatkan kekurangan oksigen akan berdampak pada penglihatan yang terganggu, pembengkakan kornea, dan dan pengaburan penglihatan dari yang paling ringan sampai yang paling berat.

3.    Masuk ke Atas Bola Mata

Nah, ini yang paling mimin takut buat dibayangin, karena mimin ngerasa ngeri sendiri gitu, girls.. Kok bisa sih, min softlens nya masuk ke atas bola mata? Yap, bisa karena bisa jadi atau mungkin secara tidak sadar, pada saat kamu tidur tangan kamu mengucek-ucek mata. Nah dari tangan yang mengucek-ucek mata bisa mengakibatkan softlens yang posisinya di tengah menjadi bergeser ke bagian atas dan bila ini terjadi, maka ketika kamu ingin melepasnya biasanya akan sangat sulit dan memerlukan cairan khusus mata agar tidak terjadi luka iritasi atau infeksi.

Gimana, girls? Udah pada tau kan mengapa kita tidak boleh memakai softlens ketika tidur? Dan akibatnya cukup ngeri kannn…. Masihkah kamu mau tidur pakai softlens?

mitos vs fakta

Mitos vs Fakta Softlens?

Pasti banyak dari kalian yang terjebak nih dalam masa lalu,, Eh duh bukannnn… salah… Maap mimin baperr,,  Pasti banyak dari kalian yang terjebak dengan mitos vs fakta softlens yang kalian ga tau.. Yuk langsung yahh mimin kasih tau…

Mitos vs Fakta yang Pertama : Memakai Softlens Terlalu Sering Bisa Menyebabkan Ketergantungan

SALAH. Realitanya, softlens tidak mengakibatkan ketergantungan bagi pemakainya karena pada dasarnya softlens hanyalah alat yang dibuat untuk membantu penglihatan manusia.

Softlens Bisa Mengakibatkan Myopi / Rabun jauh Semakin Parah

SALAAAH. Karena berdasarkan laporan yang dimuat oleh The National Institue Of Health di Amerika Serikat menyebutkan bahwa memakai softlens tidak menyebabkan Myopi justru yang kemungkinan besar mengakibatkan rabun jauh semakin parah adalah penggunaan softlens yang salah. Nah malah sudah ada pembuktiannya kan, jadi ini salah ya girls…

Berenang Sambil Memakai Softlens itu Berbahaya

BENER BANGET. Mimin pernah ngasih tau kok di artikel sebelumnya, bahwa air kolam mengandung banyak bakteri yang dapat menyebabkan mata kalian ifeksi. Dan lagi air kolam renang juga mengandung sebuah Zat yang bisa menyusutkan ukuran softlnes kamu…waduhhh….

Memakai Softlens dengan Ukuran yang Tidak Cocok Berbahaya bagi Mata

BENAR, ketika kamu memakai softlens yang tidak sesuai dan sangat besar resikonya melukai kornea mata karena fungsi kornea sangat penting yaitu untuk memantulkan cahaya serta bagian bening terluarnya menutupi iris, Anterior Chamber, dan pupil.

Tidak Masalah Tidur sambil Memakai Softlens

SALAH BANGET. Lagi- lagi ini dibahas , mimin sudah pernah bahas ya bahayanya orang tidur pakai softlens kenapa hayooo? Jika kamu memakai softlens sampai tertidur bisa mengakibatkan luka terbuka pada kornea dan jika hal ini dilakukan terus menerus bisa terjadi infeksi bakteri atau Keratitis.

Mitos vs Fakta Terakhir : Softlens bisa Mencegah Penyakit Mata Minus

SALAH YA SALAHHHHHH… Gimana sih ini? Softlens ga punya hubungan sebab akibat dengan mata minus atau myopi karena mata minus terjadi lantaran aktifitas sehari-hari atau bisa juga karena keturunan.

Kira-kira sih ini mitos vs fakta dari mimin, kalau kalian bingung mitos atau fakta pada pernyataan-pernyataan lain tentang softlens, bisa yah kalian tanya langsung ke mimin… hihihihi…

softlens murah

Softlens Murah? Yakin Mau Beli?

Heyhoooo !!! Hari ini mimin sempet bingung nih karena ada temen mimin yang nanya softlens apa aja yang menurut mimin bagus dan murah ? Ya jelas mimin curcol nya tentang softlens Jepang, Ageha donkk yaa, walaupun tidak murah tetapi jelas kualitasnya. Karena softlens dengan harga murah belum tentu terbukti baik kualitasnya, sebaiknya kalian hindari pembelian softlens murah.

Nah, karena tadi mimin cuma share sama 1 temen mimin doank, sekalian deh ini mimin share sama kalian semua pelanggan setia Ageha atau Pembaca setia artikel mimin… hehehe….

  1. AGEHA memang bukan softlens murah, tapi kualitasnya tak perlu diragukan lagi

Softlens yang pertama mimin rekomendasikan tentu softlens Ageha buatan jepang ini.. Sudah ga perlu khawatir atau bingung ga percaya lagi kalau sama softlens ini. Karena selain softlens ini nyaman banget di mata, ga gampang pedes matanya, dan tipis… Ternyata Ageha ini mempunyai lapisan UV yang dimana softlens lain ga punya loh…

Asik banget kan ternyata softlens AGEHA ini… hehehehe… Dari yang mulai diameter standart sampai diameter yang bisa membuat mata kamu keliatan besar, alias dolly eyes…

  1. ACUVUE, softlens yang kualitasnya juga tidak kalah bagus

Yang kedua adalah Acuvue, dimana biasanya jika kamu ingin memakai softlens harian, para dokter mata merekomendasikan softlens Acuvue ini. Selain itu, untuk kelembapan softlens ini juga bagus dan warna softlens ini bening.

  1. Air Optix Aqua, softlens dengan kualitas bagus juga

Softlens Air Optix Aqua ini terbuat dari bahan silicon Hydrogel yang memberikan asupan udara Oksigen. Dan bagian depan lensa sangat lembut sehingga debu tidak mudah menempel. Hehehe

Menurut mimin 3 lensa mata atau softlens ini yang terbaik buat mimin. Hehehe… Tetapi, harga ke 3 softlens ini bukanlah harga yang bisa dibilang terjangkau murah yah… Karena dari mimin sendiri tidak merekomendasikan softlens yang murah.. Bukannya apa-apa sih, girls.. cumaaa ya memang karena untuk kesehatan mata kita, mimin ga pernah berani untuk coba-coba yang murah. Hihi

Mimin saranin sih kalian untuk hindari pembelian soflens dengan harga murah tetapi belum terbukti kualitasnya. Karena softlens menempel langsung pada mata kita dan akan berdampak besar jika terjadi sesuatu dengan softlens tersebut.

Nah, kalian sendiri bagaimana?  Menurut kalian softlens apa yang kalian rekomendasikan? :p,

merawat softlens

Merawat Softlens dengan Benar

Hallo girls… Setelah kalian membeli softlens, tentunya dengan kualitas yang bagus, kalian ga mau donk kalau softlens kalian cepet ga enak kalau dipakai? Atau bahkan kalian sudah mengikuti petunjuknya tapi softlens kalian masih cepet rusak? Nah, hari ini mimin mau kasih beberapa tips buat kamu bagaimana cara merawat softlens yang sudah kalian punya agar awet tahan lama.

Merawat Softlens Agar Lebih Awet

  1. Salah Satu Cara Merawat Softlens Adalah Pastikan Tangan Kamu dalam Keadaan Bersih Ketika Menyentuh Softlens

Tangan kita ini merupakan sarang kotoran dan kuman yang cukup banyak pada tubuh manusia, jika kamu langsung menyentuh softlens dengan kondisi tangan yang kotor atau steril bisa jadi membawa resiko di kemudian hari loh.

Cucilah tangan menggunakan sabun antiseptic agar kotoran, debu, dan kuman bisa dihilangkan. Ingat! hindari untuk menggunakan sabun yang mengandung pelembab ya, karena biasanya pelembab terdapat pada sabun khusus untuk kecantikan.

  1. Selalu Bersihkan Softlens Setelah Dipakai Untuk Merawat Softlens

Menjaga softlens agar tetap bersih adalah cara merawat softlens selanjutnya yang kamu ga boleh lupa yah, girls. Karena dengan membersihkan lensa kontak sebelum disimpan mengurangi kuman yang berkembang. Kalau kalian belum tahu bagaimana caranya, mimin kasih tau sekalian dehhhh…

  • Pertama, pastikan tangan kamu sudah bersih dan steril
  • Letakan softlens di telapak tangan
  • Tuangkan cairan solution yang di rekomendasikan 3 – 4 tetes di atasnya
  • Lalu bersihkan softlens tersebut dengan cara menggosoknya menggunakan ujung jari selama 15 detik
  • Bilas kembali menggunakan cairan khusus softlens/ solution
  • Letakan softlens ke wadahnya dan tuangkan cairan khusus softlens hingga terendam.

  1. Bersihkan Wadah Softlens Secara Berkala

Cairan yang untuk merendam softlens sebaiknya diganti setiap 1 bulan sekali jika softlens kamu jarang dipakai dan hanya disimpan saja. ini gunanya untuk menghilangkan kuman yang berkembang biak. Mimin pernah post kok, di artikel cara mudah merawat softlens yang jarang dipakai

  1. Hindari Memiliki Kuku Panjang

Lagi-lagi masalah kuku seperti yang sudah pernah juga mimin post. Jika kamu sering kali memakai softlens sendiri maka sebaiknya hindari memiliki kuku yang panjang karena bisa merobek atau merusak permukaan sisi softlens. selain itu, biasanya kuku yang panjang sering kali menjadi tempat yang mudah untuk kuman hinggap.

  1. Gunakanlah Cairan Sebelum Tanggal Kadaluarsa

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan cairan solution yang kamu beli.. Lihat dulu tangggal kadaluarsanya dan jika kamu memang sudah memiliki sisa cairan tersebut sebaiknya jangan digunakan jika sudah kadaluarsa.

  1. Ganti Wadah Softlens Setiap 3 Bulan Sekali

Kalau yang ini penting buat kamu yang memiliki softlens yang jarang dipakai dan hanya disimpan saja. wadah yang sudah lama biasanya mengalami penurunan daya tahan terhadap kuman. semakin lama akan semakin mudah dihinggapi kuman. Jadi, setidaknya gantilah setiap 3 bulan sekali.

Gimana, girls? Sebenarnya cara merawat softlens supaya tahan lama itu gampang banget kan?

Nah, jangan hanya dibaca yah, girls.. tapi juga dilakuin lhooo agar softlens kamu awet tahan lama…

Xoxo

5 kebiasaan buruk

5 Kebiasaan Buruk Pengguna Softlens

Jadi, ceritanya mimin lagi nongkrong cantik sama temen-temen mimin, dan salah satu dari mereka curcol nih kalau dia lagi sebel sama softlens yang dia beli.. Nah lo.. akhirnya mimin tanya nih ke temen mimin, yang salah softlens nya yang kadaluarsa, kamu yang ga bisa rawat dengan baik, atau kebiasaan lama muncul nih? Yahhh.. ternyata dia ga lepas softlens waktu dia tidur. Nah kan, kebiasaan lama keulang lagi, tidur pakai softlens yang sebenernya ga boleh yang nantinya bisa mengakibatkan mata perih bahkan iritasi. Tidur pakai softlens sih salah satu kebiasaan yang perlu dihilangkan ya, girls.. Lalu masih ada lagi 5 kebiasaan buruk yang harus dihilangkan..

Apa aja 5 kebiasaan buruk tersebut? Yuk langsung cek.

  1. Membersihkan Softlens dengan Air Kran

Hmmm.. kayaknya mimin udah pernah bahas tidak  boleh membersihkan softlens dengan air ledeng atau kran. Kenapa tidak boleh? Karena air tersebut biasa mengandung banyak kuman bakteri yang dapat menyebabkan mata kamu iritasi bahkan but ajika kamu membersihkan softlensmu menggunakan air tersebut. Selalu gunakan cairan pembersih khusus softlens untuk membersihkan softlensmu.

  1. Salah Satu dari 5 Kebiasaan Buruk Pengguna Softlens yaitu Tidur Memakai Softlens

Ya ini yang menyebabkan temen mimin bete. Kamu yang mempunyai kebiasaan ini segera dihilangkan ya, girls karena tidak baik. Memakai softlens saat tidur dapat menghambat aliran oksigen, mempengaruhi pembuluh mata, atau bahkan softlens kamu bisa masuk ke atas bola mata.

  1. Mengabaikan Masa Kadaluarsa Softlens

Seringkali mimin bilang untuk selalu dan selalu cek tanggal kadaluarsa softlens, supaya mata kamu terhindar dari bahaya yang ga kamu inginkan. Karena bahan pembuat softlens itu tidak tahan lama ya, girls.

  1. Suka Melakukan Kegiatan di Tempat Panas

Kalau kamu bekerja atau sering melakukan kegiatan di tempat panas, sebaiknya kamu berpikir ulang deh untuk memakai softlens. Kenapa? Karena bahan dari softlens itu sendiri adalah plastik dan plastik merupakan benda yang mudah meleleh jika terkena panas.

  1. Membersihkan Softlens Hanya dengan Larutan

Nah dulu mimin sepert ini nih, bersihkan softlens Cuma dengan larutan. Sebenarnya ga cuma dibersihkan saja, tetapi kita juga harus tau bagaimana cara merawat softlens yang benar. Dengan rutin mengganti wadah softlens, mencuci terlebih dahulu sebelum disimpan tentunya softlens kamu akan lebih awet.

Nahhhh, ternyata pakai softlens ga Cuma asal pakai kan? Kalian juga harus rajin merawat dan berhati-hati saat memakai agar mata tidak iritasi.

pemilihan warna softlens

Pemilihan Warna Softlens Yang Sesuai Warna Kulit

Hai, girls.. lagi-lagi mimin bakal bahas bagaimana tips pemilihan warna softlens nih.. Tapi kali ini, tips nya gimana nih cara memilih softlens yang sesuai dengan warna kulit kamu. Yuk, langsung aja…

Softlens Untuk Pemakaian Awal

Bagi kalian yang baru akan mulai memakai softlens, lebih baik jangan memulai dengan memakai softlens yang memiliki warna terlalu kontras dengan warna asli mata kalian. Nah, bagi kita Indonesia yang kebanyakan memiliki warna mata hitam dan cokelat tua, ada baiknya kita memilih warna softlens yang gelap terlebih dahulu sebagai permulaan.
Lihat berbagai macam softlens populer warna coklat disini >>
Lihat berbagai macam softlens populer warna hitam disini >>

Pemilihan Warna Softlens yang Sesuai Untuk Warna Kulit Putih

Sedangkan bagi kalian yang memiliki kulit putih, wahhh kalian beruntung banget nih karena softlens dengan warna apa saja akan cocok untuk kamu pakai. Untuk warna yang eye catching, kamu bisa menggunakan warna yang tajam dan kontras. Yay! Tetapi, kembali lagi jika meskipun kalian tidak percaya diri dengan warna yang ngejrengggg, ada baiknya kalian memilih warna softlens yang cocok dan sesuai dengan warna mata kalian.

Warna Softlens untuk Kulit Sawo Matang

Warna kulit sawo matang ini merupakan warna yang dimiliki oleh sebagian besar orang Indonesia. Jadi kalian bisa memakai softlens dengan warna nuansa abu-abu, cokelat madu dan hazel. Warna lain juga bisa kalian pakai kok asal berwarna gelap seperti biru gelap, hijau gelap.
Lihat berbagai macam softlens populer warna abu abu disini >>
Lihat berbagai macam softlens populer warna biru disini >>

Warna Softlens untuk Kulit Kuning Langsat

Selain warna sawo matang, warna kulit kuning langsat ini juga dimiliki oleh sebagian besar orang Indonesia. Jika kalian merupakan salah satunya yang  memiliki warna kulit jenis ini kamu akan cocok dengan softlens dengan warna natural seperti hitam, abu-abu atau cokelat. Warna tersebut akan membuat kamu tampil natural dan lebih cantik.

Pemilihan Warna Softlens yang Sesuai Untuk Warna Kulit Gelap

Lalu bagaimana dengan warna kulit yang gelap? Apakah hanya bisa memakai softlens dengan warna gelap juga? Yap! Bagi kalian yang memiliki kulit gelap, kalian cocok dengan menggunakan softlens dengan warna hangat seperti biru gelap, cokelat tua, hijau zamrud, ungu tua dll. Hindari warna terang dan mencolok karena akan membuat mata kalian tampak aneh dan tidak natural.
Lihat berbagai macam softlens populer warna hijau disini >>

Nah, gimana nih, girls? Sudah mulai jelas kan bagaimana tips memlilih warna softlens yang sesuai dengan warna kulit kalian?? Semoga kalian ga bingung lagi yah dan warna yang kalian pilih ga salah biar ga jadi aneh nantinya. :p

Xoxo

tips memilih softlens

Tips Memilih Softlens Yang Tepat

Hi, girls.. kalian bingung yah gimana sih tips memilih softlens yang baik, tepat, dan nyaman buat mata kalian? Memilih softlens itu wajib sebelum kalian membelinya, karena jika kalian salah memilihnya, bisa mempengaruhi kesehatan mata kalian loh!

Sekarang ini, softlens sudah bukan hanya sebagai alat bantu penglihatan untuk mata minus, tetapi juga menjadi aksesoris mata nih atau malah wajib hukumnya untuk memakai agar penampilan lebih menarik.. bener ngga nih, girls?

Tapi sayangnya, sekarang banyak banget produsen yang memproduksinya sampai kita sendiri bingung mau memilih merk apa, warna apa, diameter berapa.. ya kan?? Hati-hati ya girls, karena jika kalian salah memilihnya, bisa-bisa mata kita menjadi perih dan cepat merah.

Nah, pada artikel ini, mimin kasih cara gimana cara memilih softlens yang aman buat mata kalian.. Yukkk langsung aja..

Tips Memilih Softlens Yang Aman

  1. Tips Memilih Softlens 1 – Warna Softlens

Langkah pertama memilih softlens adalah pilih warnanya. Pilihlah warna yang cocok dengan warna mata, warna kulit, warna rambut kalian, bahkan dengan warna baju yang kalian pakai. Karena jika tidak, hal yang bakal terjadi adalah kalian terlihat aneh dengan warna yang tidak cocok ! Wahhh… bukannya terlihat cantik, tetapi malah aneh…

  1. Ukuran Diameter

Selain warna, diameter juga perlu diperhatikan girls karena juga bisa mempengaruhi kenyamanan mata kalian. Jika kalian memiliki mata yang normal, maka diameter terbaik yang pas adalah 14.0 – 15.0 mm, tetapi jika ingin terlihat sedikit lebih besar, pilihlah diameter yang diatas 14-15mm tersebut. Tetap hati-hati yah, girls jangan sampai juga bagi kalian yang memiliki mata kecil memilih diameter terlalu besar.

Bagi kalian yang memiliki mata yang besar, diameter diatas 14-15mm lah yang cocok untuk kalian.

  1. Tingkat Kadar Air

Berapa sih tingkat kadar air yang baik? Seringkali pertanyaan ini muncul saat kalian hendak membeli softlens. Kadar air yang baik adalah kadar air yang lebih dari 48%, karena pada saat dipakai akan terasa sangat nyaman, dan tipisnya juga mempengaruhi kenyamanan. Semakin tipis softlens yang kalian pilih dan pakai, maka semakin baik dan nyaman pula.

Kadar air yang sesuai dengan mata kalian akan mempengaruhi daya serap, jadi jika kelembapan mata kalian tinggi, maka sebaiknya kalian juga memilih softlens dengan kadar air yang tinggi.

Hal tentang kadar air ini amat sangat perlu diperhatikan ya, girls.. jangan disepelekan, karena jika kalian salah memilih kadar air yang rendah, mata kalian menjadi cepat kering, pering, bahkan merah.

  1. Cek Masa Kadaluarsa

Eits, yang ini ga boleh kelupaan, girls! Softlens sendiri merupakan “benda asing” yang akan menempel pada kornea kita. Maka baiknya, kita perlu dan wajib hukumnya untuk  memperhatikan tanggal kadaluarsa sebelum membeli.

Karena bisa buruk akibatnya seperti mata gatal, perih, merah, dan mengeluarkan air terus menerus jika kalian memakai softlens yang kadaluarsa. Kalian ga mau mata kalian gitu kann??

  1. Tips Memilih Softlens Paling Penting : Sesuaikan dengan Minus

Nahhh bagi kalian yang memiliki mata minus, sesuaikan dengan minus kalian , jangan terlalu tinggi dan rendah. Karena jika terlalu tinggi atau rendah maka daya penglihatan kalian menjadi tidak optimal. Jadi, sesuaikanlah dengan minus yang kalian miliki, girls..

Yaaaappp, sudah selesai 5 tips untuk memilih softlens dari mimin. Semoga kalian ga jadi bingung yah!